Saturday, February 24, 2024
HomeFilipina Sambut Pangkalan Militer AS Untuk Melawan Ekspansi Tiongkok

Filipina Sambut Pangkalan Militer AS Untuk Melawan Ekspansi Tiongkok

Hobbymiliter.com – Mahkamah Agung Filipina pada hari Selasa (12/1) memutuskan bahwa perjanjian keamanan dengan Amerika Serikat adalah bersifat legal, sehingga memungkinkan lebih banyak pasukan AS untuk beroperasi di pangkalan bekas koloni Amerika dan Spanyol tersebut. Hal ini dilakukan untuk melawan ekspansi Tiongkok di Laut Cina Selatan.

Perjanjian 10 tahun yang ditandatangani pada 2014 kemarin ini banyak mendapat tantangan hukum dan sulit dilaksanakan. Kini, Filipina akan kedatangan lebih banyak pasukan dan kapal perang AS yang akan berpatroli di seputar Filipina. Manila juga  akan menerima bantuan AS untuk membangun fasilitas militer.

BACA JUGA :  Tiongkok Klaim Chengdu J-20 Setara Dengan F-22 dan F-35

Juru bicara Mahkamah Agung Filipina Theodore Te mengatakan kesepakatan berhasil lolos dengan jumlah voting sebanyak 10 banding 4 suara, sehingga memutuskan bahwa Presiden Benigno Aquino memiliki kewenangan langsung untuk menandatangani pakta perjanjian tersebut dan tidak lagi membutuhkan persetujuan dewan perwakilan rakyat.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

70-ujicoba-nuklir-korut-kelima

Korut Luncurkan Ujicoba Nuklir Kelima Dengan Kekuatan Terbesar Sepanjang Sejarah

1
Hobbymiliter.com - Korea Utara baru saja memulai ujicoba senjata nuklir untuk yang kelima kalinya. Para pengamat menganggap ujicoba kali ini sebagai yang paling masif...

Recent Comments