Friday, September 30, 2022
HomeMiliterAlutsistaRI Bimasakti Kapal Yacht Kepresidenan RI Yang Misterius

RI Bimasakti Kapal Yacht Kepresidenan RI Yang Misterius

Hobbymiliter.com – RI Bimasakti Kapal Yacht Kepresidenan RI Yang Misterius. Baru – baru ini kita telah bersama – sama melihat informasi terkait pembangunan kapal perang jenis Korvet Rudal Helikopter VVIP dan Kepresidenan yang akan diberi nama KRI Bung Karno. Mungkin sebagian diantara anda belum mengetahui bahwa sebenarnya Indonesia pernah memiliki sebuah kapal kepresidenan yang juga merupakan kapal perang milik Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) pada tahun 1950 dan sempat mengoperasikan nya selama dua tahun masa operasional. Kapal tersebut diberi nama RI Bimasakti. Nah, penasaran kan bagaimana Indonesia bisa memiliki dan mengoperasikan RI Bimasakti sebagai kapal kepresidenan? Simak kisahnya dalam artikel yang sudah penulis siapkan kali ini.

RI Bimasakti Kapal Yacht Kepresidenan RI Yang Misterius
RI Bimasakti Kapal Yacht Kepresidenan RI Yang Misterius. CS Telegraaf, Kapal Cable Laying Milik Angkatan Laut Pemerintah Kolonial Hindia Belanda.
Sumber : atlantic-cable

CS Telegraaf, Kapal Cable Laying Pelopor Komunikasi Jarak Jauh Hindia Belanda

BACA JUGA :  Komandan Garda Revolusi Iran: “Marinir AS Menangis Saat Kami Tangkap”

Pada tahun 1904 pemerintah kolonial Hindia Belanda telah membangun jaringan kabel komunikasi Telegram dan Telepon antar pulau dan memiliki jaringan kabel komunikasi bawah laut sejauh 2.462 mil laut atau setara 4.559 kilometer jauhnya. Isu perawatan jaringan komunikasi bawah laut ini kemudian menjadi masalah dan pemerintah kolonial Hindia Belanda akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah kapal kabel yang memiliki kemampuan khusus untuk menebarkan kabel dan melakukan perbaikan kabel jaringan komunikasi bawah laut setelah sebelumnya hanya menggunakan unit kapal kabel sewaan dari perusahaan swasta. Adalah CS Von Podbielski, kapal kabel yang dibeli oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda pada tahun 1905 dan dirubah namanya menjadi CS Telegraaf, yang menjadi kapal pertama dengan tugas khusus menebarkan kabel jaringan komunikasi telegram dan telepon kedasar laut untuk menghubungkan pulau – pulau dan titik – titik strategis di Hindia Belanda. Kapal ini beroperasi selama 19 tahun dan digantikan oleh CS Zuiderkruis pada tahun 1924.

BACA JUGA :  General Dynamics Tampilkan Prototype Kendaraan Tempur Griffin Dengan Meriam 120 Milimeter

CS Zuiderkruis, Kapal Cable Laying Pengganti Kapal CS Telegraaf

Pada tahun 1922, pemerintah Belanda melalui Departemen Kolonial (Department of Colonies) memberikan kontrak pada galangan kapal Nederlandsche Scheepsbouw Maatschappij di Amsterdam untuk membuat satu unit kapal kabel yang nantinya akan beroperasi di wilayah kolonial Hindia Belanda. Kapal ini nantinya akan diberi nama CS Zuiderkruis. Kapal CS Zuiderkruis selesai dibangun pada tahun 1924 dan pada tahun yang sama berangkat menuju Hindia Belanda. Zuiderkruis mulai bertugas sebagai kapal kabel di Hindia Belanda sejak tahun 1924. Tugas utama dari kapal ini adalah melakukan penebaran kabel komunikasi baru dan juga membantu perawatan kabel komunikasi yang sudah ditebar dan mengalami kerusakan.

BACA JUGA :  Indonesia Modifikasi Land Rover Menjadi Mobil Penangkal Rudal

CS Zuiderkruis berangkat dari Belanda pada 23 Maret 1924, dan tiba di Batavia (Sekarang Jakarta) pada 5 Mei 1924. Dalam tugasnya, CS Zuiderkruis menjadi bagian dari kesatuan Hidrografi Angkatan Laut Pemerintah Kolonial Hindia Belanda atau Gouvernementsmarine. Zuiderkruis bertugas dibawah Angkatan Laut Pemerintah Kolonial Hindia Belanda sejak tahun 1924 hingga 1938. Dalam sebuah catatan, Zuiderkruis disebut – sebut menjadi kapal terbesar yang pernah dimiliki oleh Gouvernementsmarine.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

20-parlemen-as-balikkan-veto-obama-soal-uu-11-september

Parlemen AS Siap Membalikkan Veto Obama Soal UU 11 September

0
Hobbymiliter.com - Presiden AS Barack Obama telah menggunakan hak vetonya untuk mencabut rancangan undang-undang “Justice Against Sponsors of Terrorism Act” atau yang dijuluki The...

Recent Comments