Thursday, January 21, 2021
Home Blog Militer Drone Saab Skeldar V-200 Dilengkapi dengan Sensor Avenger II

Drone Saab Skeldar V-200 Dilengkapi dengan Sensor Avenger II

HobbyMiliter.com – Drone Saab Skeldar V-200 Dilengkapi dengan Sensor Avenger II. Saab Skeldar V-200 merupakan drone berjenis helikopter VTOL (Vertical Take Off and Landing) yang diberitakan akan menjadi milik Kementerian Pertahanan RI. Skeldar V-200 memang didesain untuk melakukan operasi-operasi intai maritim.

Karena memiliki kemampuan untuk intai maritim, maka Skeldar V-200 pasti memiliki kelebihan-kelebihan contohnya seperti endurance dalam waktu 5 jam serta kemampuan membawa beban mencapai 40 kg. Skeldar V-200 tak memiliki senjata apapun, karena memang drone ini hanya berkempuan untuk mengintai, sehingga Skeldar V-200 mengusung beberapa sensor canggih yang terletak di bawah bodinya. Skeldar V-200 mampu membawa berbagai macam alat penginderaan, seperti Lidar (Light Detection and Ranging), lalu SIGINT/ELENT system dan communication relay (data link system), hingga multi/hyper spectral camera. Dan bisa juga digunakan sensor EO (electro optic)/IR (infra red) sensor serta mapping camera.

BACA JUGA :  Radio Compass, Penuntun Navigasi Pesawat Terbang

skeldar 1

Yang menjadi andalan Skeldar V-200 adalah sensor Avenger II, sensor surveillance and reconnaissance buatan Tonbo Imaging. Avenger II didesain untuk keperluan operasi udara, cirri-cirinya adalah fasilitas fiber optic gyro precision stabilized. Alat yang berjenis optronik (optical electronic) ini berkemampuan untuk imaging berdasarkan pola thermal, low light CCD camera, serta laser range finder (LRF). Bahkan bisa dipadukan dengan laser designator for surveillance, reconnaissance, target acquisition and target designation.

skeldar 2

Kehebatan imaging thermal mampu melihat sasaran hingga jarak jauh menggunakan optical zoom, walaupun dalam cuaca buruk dan minim cahaya. LRF mampu dipadukan dengan GPS (Global Positioning System) serta integrated compass untuk mendapatkan informasi mengenai akurasi target. Operatornya mengontrol dari GCS (Ground Control Station) dan mampu memantau secara real time hasil video sensor fusion serta auto tracker/threat detection.

Laser range finder Avenger II pada Skeldar V-200 bisa mendeteksi target hingga 20 km. Untuk target berupa manusia, identifikasi mampu dilakukan dari jarak 6,8 Km. Untuk target berupa kapal laut atau kendaraan, identifikasi mampu dilakukan dari jarak 19 km, lalu fase pengenalan target dari jarak 6,3 km, dan identifikasi lengkap dari jarak 3 km.

BACA JUGA :  Tank T-90A Rusia Lakukan Debut Pertempuran Di Suriah

Drone ini memiliki dua buah baling-baling, bermesin dua silinder, two-stroke, serta liquid cooled internal combustion. Daya yang dihasilkan mencapai 55 hp pada 6.000 rpm. Skeldar V-200 sudah mengusung electronic fuel injection, Skeldar V-200 mampu terbang hingga 4.500 meter. V-200 merupakan pabrikan dari UMS Skeldar, perusahaan drone dari Swiss yang sebagian besar sahamnya dipegang oleh Saab AB, Swedia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Rudal Tomahawk Generasi Kelima, Apa Istimewanya?

HobbyMiliter.com - Pada tanggal 30 November 2020, Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy,red) dikabarkan telah berhasil melaksanakan ujicoba peluncuran rudal jelajah Tomahawk varian terbaru...

Purwarupa MPF Medium Tank AS Masuki Tahap Ujicoba Pasukan

HobbyMiliter.com – Purwarupa kendaraan tempur medium tank MPF atau Mobile Protected Firepower dari dua pabrikan kendaraan tempur yang sedang bersaing untuk memenangkan kontrak pengadaan...

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis- Hobbymiliter.com. SMX-31 adalah suatu konsep kapal selam masa depan dari negeri Baguette. Konsep ini adalah unik karena memperkenalkan...

STRIL, Sistem koordinasi & datalink AU Swedia

Sejarah STRIL, Sistem Koordinasi & datalink AU Swedia- Hobbymiliter.com.  Bahwa Swedia terkenal sebagai salah satu negara di semenanjung Skandinavia yang bersifat independen atau dalam...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua