Friday, May 27, 2022
HomeAlutsistaHelikopterBell UH-1 Huey, Legenda Jip Terbang

Bell UH-1 Huey, Legenda Jip Terbang

Bell UH-1 Huey, Legenda Jip Terbang – HobbyMiliter.com – Awalnya, keandalan penggunaan helikopter angkut militer Bell UH-1 Huey di lapangan pertempuran sempat diremehkan. Keadaan berbalik begitu Konfiik Vietnam meletus. Bell UH-l berubah jadi tumpuan, bahkan primadona bagi operasi pasukan darat. Tak urung lagi sang jip terbang ini jadi simbol Perang Vietnam. Masa pakainya yang lama menyaingi kemashuran DC-3 Dakota.

Bell UH-1 Huey pun hadir dalam berbagai versi, tidak hanya sekedar angkut saja. Kalau ada dua tabung menempel di kiri-kanan, pisir pengincar berbentuk pinsil pada kokpit plus dua gunner di samping badan bisa dipastikan merupakan versi bersenjata (gunship). Bila isi ruang heli penuh dengan pasukan tak diragukan itu adalah versi angkut.

Sedangkan bila banyak jejeran tandu plus ceceran bercak darah sudah pasti itu adalah versi ambulan udara atau yang kondang punya nama Dust Off. Selain itu, ada juga versi sipil yang dikode kan dengan nama dagang Bell 205 (single engine) dan Bell 212 (UH-1N, dual engine) serta Bell 412 (CH-146, dual engine).

BACA JUGA :  AH-1Z Viper, Heli Serang Andalan Marinir AS

Di medan tempur Vietnam heli militer berkembang dari perangkat yang diabaikan menjadi mesin perang yang amat dibutuhkan. Helikopter besutan Bell HU-1 (kemudian hari dirubah menjadi UH-1) dengan cepat meraih reputasi yang patut diacungi jempol. Kuncinya pada mesin turbinnya yang berkemampuan badak alias tak rewel saat harus parkir di sebuah tangsi tentara jauh dari bandara yang layak.

Heli ini seperti layaknya kendaraan perang yang biasa dipakai infanteri. Sekali start langsung jalan. Bisa kemana saja kapan saja. Pantas saja pihak AD Amerika menganggap UH-1 sebagai jip terbang. Prestasi ini mengalahkan para pendahulu-nya, heli bermesin piston H-19 Cocktaw dan H-21 Flying Banana. Sekaligus menandai trend baru mobilitas udara taktis.

BACA JUGA :  [VIDEO 360] US Navy Luncurkan Rudal SM-6 Standard Lintas Misi

Ketika HU-1 turun di Vietnam, Amerika memberinya kode nama Iroqouis (nama suku Indian). Tapi dikalangan infanteri julukan Huey-lah yang lebih akrab. Nama ini diambil dari dua huruf awal yaitu H dan U. Saat AD AS merubah standarisasi registrasi helinya agar sesuai dengan pihak AU (dari HU ke UH – Utility Helicopter), nama Huey tetap saja melekat.

Walau demikian kenyataan di lapangan tak bisa ditutup-tutupi. Selama konflik di Vietnam, AD AS kehilangan 2.249 heli akibat pertempuran. Separuh dari angka ini adalah Huey. Secara statistik, antara tahun 1966-1971 satu heli jatuh sebagai tumbal dari setiap delapan sorti yang digelar.

UH-1 Huey Dimodifikasi Menjadi Gunship

UH-1 Huey Gunship; Modifikasi berupa pod roket dan senapan mesin
UH-1 Huey Gunship; Modifikasi berupa pod roket dan senapan mesin

Terbang formasi rapat dengan rotor utama saling bertindihan dianggap taktik yang manjur saat mendrop pasukan. Umumnya gerilyawan Vietnam Utara yang disusupkan ke selatan, Vietkong (VC) bakalan lari ketika mendengar gemuruh suara Huey. Tapi keadaan ini berbalik sejalan makin terlatih dan makin modern persenjataan yang dipakai VC. Resep tadi jadi basi, apalagi rudal jinjing anti pesawat asal Soviet, SA-7 Grail, juga sudah beraksi. Apa boleh buat, dicari jalan untuk mengatasi ancaman ini baru.

BACA JUGA :  Modifikasi Heli Serang Bell AH-1J, Langkah Iran Merevitalisasi Kekuatan Militer

Akhirnya modifikasi dilakukan untuk membuat heli agar dapat melakukan perlawanan ketika diserang. Melengkapi Huey dengan tabung roket plus senapan mesin alias merombaknya jadi gunship adalah jawabnya. Biasanya 32 roket udara-darat kaliber 70 milimeter serta sepasang senapan mesin (umumnya jenis M-60) kaliber 7,62 milimeter sanggup digotongnya. Beberapa dari jenis ini juga dipinjamkan ke pihak AL untuk patroli di Sungai Mekong.

Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Sejarah Kerajaan Islam Pertama Di Indonesia: Kerajaan Perlak

Sejarah Kerajaan Islam Pertama Di Indonesia: Kerajaan Perlak

1
Sejarah Kerajaan Islam Pertama Di Indonesia: Kerajaan Perlak - HobbyMiliter.com - Kamu sudah tahu belum sejarah Kerajaan Islam pertama di Indonesia? Kalau dulu Samudera...

Recent Comments