Saturday, February 24, 2024
HomeBlog MiliterSejarahAwal Mula Konflik Palestina dan Israel

Awal Mula Konflik Palestina dan Israel

Awal Mula Konflik Palestina dan Israel – HobbyMiliter.com – Ketika membicarakan tentang konflik Palestina dan Israel pastinya tidak akan ada habisnya. Dan jika kamu sedang memantau perkembangan konflik Palestina dan Israel kamu harus mengetahui terlebih dahulu tentang awal mula konflik Palestina dan Israel ini dimulai.

Awal Mula Konflik Palestina dan Israel

Momen kruasial terjadinya konflik antara negara Palestina dan negara Israel terjadi saat negara Israel melakukan deklarasi kemerdekaan secara sepihak tanpa mendapatkan persetujuan dari negara-negara Arab.

Tetapi sebelum melihat bagaimana negara Israel bisa mendeklarasikan kemerdekaan dan mulai terjadi konflik. Dalam catatan yang terdapat di Alkitab dan bukti arkeolog menunjukan bahwa orang Yahudi menaklukan dan mulai menetap di tanah Palestina. Yang di dalam Alkitab dikenal dengan nama tanah Kanaan, selama abad ketiga belas sebelum era Kristen masuk.

BACA JUGA :  Foto KRI Pati Unus, circa 1950

Para Yahudi juga mngklaim bahwa mereka tidak hanya mencerminkan sejarah nasional orang Yahudi, tetapi kemerdekaan tersebut dijalankan karena janji Tuhan suatu hari akan mengembalikan orang-orang Yahudi ke Eretz Yisrael, artinya tanah Israel yang bersejarah.
Sedangkan, warga Palestina bersikeras mengklaim bahwa mereka merupakan penduduk asli dari negara tersebut sehingga memiliki hal politik atas wilayah Palestina. Kedua landasan tersebut menjadi kedua negara tersebut saling mengklaim wilayah.

Sejarah Awal Terbentuknya Negara Bernama Israel

Awal terbentuknya negara Israel saat terjadi migrasi kaum yahudi dari Eropa saat terjadi paham anti-semitisme yang membuat kaum yahudi bermigrasi ke wilayah Palestina. Dan peristiwa tersebut mendapat dukungan dari Inggris dan negara-negera Eropa.

BACA JUGA :  Prinsip Demokrasi Pancasila di Negara Indonesia

Di tahun 1917 Inggris mengeluarkan Deklarasi Balfour yang berisi dukungan Inggris kepada Yahudi agar mendapatkan kediaman nasional di tanah Palestina. Tetapi Inggris juga menekankan peringatan tidak bolh melakukan apapun yang bisa merugikan hak sipil dan komunitas dari non Yahudi yang ada di negara tersebut.

Kemudian di tahun 1922 Inggris mengeluarkan white paper yang menjelaskan bahwa wilayah tersebut adalah palestina dan masih ambigu tentang yang dimaksudkan dengan kediaman nasional untuk warga Yahudi.

Kaum Yahudi pada saat itu, menuntut tanah untuk Yahudi seperti yang dijelaskan dalam Kitab, tetapi negara-negara Arab menyatakan bahwa tanah tersebut milik Palestina. Kemudian di tahun 1930, Inggris mulai teralihkan karena terjadi perang di Eropa.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Menhan RI Kunjungi Swedia

Menhan RI Kunjungi Swedia

0
Menhan RI Kunjungi Swedia - HobbyMiliter.com - Pada tanggal 8 Mei 2017 lalu Menteri Pertahanan Indonesia, Ryamizard Ryacudu mengadakan kunjungan ke negara Swedia. Dalam...

Recent Comments