Rudal Hipersonik Kinzhal Senjata Baru MiG31
Rudal Hipersonik Kinzhal Senjata Baru MiG31. Sebuah Jet Tempur MiG31 Saat Meluncurkan Rudal Jelajah Kinzhal.Sumber : defenceblog

HobbyMiliter.com – Rudal Jelajah Kinzhal Senjata Baru MiG31. Sebuah sistem senjata berbasis rudal jelajah telah berhasil diuji coba oleh Rusia pada akhir bulan Februari 2018 lalu. Sistem senjata berbasis rudal jelajah ini berhasil ditembakkan dari pesawat tempur legendaris Mikoyan Gurevich MiG31 dalam sebuah uji coba penembakan yang baru – baru ini dilaksanakan. Sistem senjata berbasis rudal jelajah ini dinamai KH47M2 Kinzhal. Rudal jelajah Kinzhal dikabarkan merupakan sebuah rudal jelajah dengan kemampuan mencapai kecepatan hipersonik atau setara sepuluh kali lipat lebih cepat dari kecepatan suara.

Baca juga :   Inggris Resmi Mulai Proyek Pembuatan Senjata Laser

Rudal ini dikabarkan ditenagai oleh mesin ramjet dan mampu dibawa dan diluncurkan dari pesawat jet tempur Mikoyan Gurevich MiG31 Foxhound yang telah dimodernisasi. Selain kemampuan menjelajah dalam kecepatan hipersonik, rudal jelajah Kinzhal juga dikabarkan memiliki jarak jangkau yang cukup jauh yakni sekitar 2.000 kilometer. Rudal jelajah ini dibangun oleh Rusia untuk menghadapi target – target yang berukuran cukup besar dan dilindungi dengan baik oleh sistem senjata pertahanan udara milik musuh, misalnya kapal induk, bunker dan atau fasilitas komunikasi milik musuh. Rusia juga nampaknya sedang berusaha mengejar ketertinggalan dari negara – negara Barat dan juga Tiongkok yang mulai berhasil mengembangkan rudal untuk fungsi serangan Stand-Off atau rudal yang dapat ditembakkan jauh sebelum pesawat memasuki wilayah jangkauan sistem senjata pertahanan udara milik musuh. Hadirnya rudal jelajah Kinzhal membuat pilot – pilot jet tempur Rusia nantinya dapat menghajar target sasaran dari jarak yang cukup aman.

Baca juga :   10 Kapal Perang TNI AL Perlu Diremajakan

Saat ini rudal jelajah Kinzhal sedang menjalani masa uji coba dan persiapan untuk mulai masuk dalam layanan dinas di area Distrik Militer Selatan Rusia. Nantinya, pesawat jet tempur lain yang akan dibekali kemampuan untuk menggotong rudal jelajah ini ialah jet tempur generasi ke-lima milik AU Rusia, Sukhoi Su57 Pak Fa. Adapun rudal jelajah tersebut memiliki dimensi fisik yang cukup besar. Dengan panjang total tak kurang dari tiga meter, satu unit pesawat jet tempur hanya dapat membawa satu buah rudal jelajah tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here