Saturday, April 10, 2021
Home Aljazair Resmi Membeli 12 Unit Sukhoi Su-34 Fullback Dari Rusia

Aljazair Resmi Membeli 12 Unit Sukhoi Su-34 Fullback Dari Rusia

Hobbymiliter.com – Angkatan Udara Aljazair resmi membeli 12 unit pesawat tempur pembom Sukhoi Su-34 “fullback” dari produsen pesawat Rusia, Asosiasi Produksi Pesawat Novosibirsk untuk menggantikan armada MiG-25 mereka yang sudah berusia tua. Pesawat MiG-25 yang berasal dari era Uni Soviet memang sudah harus dipensiunkan, karena adanya program modernisasi alutsista yang sedang berlangsung di Aljazair.

Dalam sebuah wawancara yang diterbitkan oleh surat kabar berbahasa Rusia, Vedomosti pada 1 Januari silam, Direktur Jenderal Asosiasi Produksi Pesawat Novosibirsk, Sergei Smirnov Chkalov mengumumkan bahwa Aljazair akhirnya resmi memesan unit Su-34 setelah melakukan negosiasi berkepanjangan selama hampir delapan tahun.

BACA JUGA :  Pentagon Jual Bom Pintar BLU-109 Ke Turki Senilai 9 Triliun

3-aljazair-resmi-beli-12-unit-sukhoi-su-34
Demonstrasi Sukhoi Su-34. Unit pesawat ini akan dibeli oleh Aljazair untuk memperkuat alutsistanya. Sumber: Wikipedia

Meskipun ia tidak memberikan rincian lebih lanjut perihal penjualan ini, Smirnov mengatakan Angkatan Udara Aljazair juga sedang bernegosiasi untuk melakukan pembelian jangka panjang unit Sukhoi Su-24 “Fencer” versi terbaru. Pembelian ini dianggap sejalan dengan perubahan kebutuhan Aljazair dalam menyelesaikan proyek re-orientasi dan modernisasi angkatan mereka.

Unit Su-34 diyakini sebagai salah satu bagian dari kesepakatan bernilai 7,5 miliar dollar yang ditandatangani kedua negara pada Maret 2006. Dalam kesepakatan ini Aljazair-Rusia setuju untuk mengadakan penyediaan sistem anti-rudal, penerbangan, peralatan pertahanan bangsal darat dan laut, serta beragam teknologi.

Akhir tahun lalu, pakar militer Rusia Igor Korotchenko mengatakan kepada surat kabar RIA Novostin bahwa performa Su-34 yang bertugas di Suriah akan membantu menarik minat pembeli potensial di Afrika, Eropa Timur dan Timur Tengah untuk mengevaluasi kinerja unitnya, sehingga dapat memutuskan apakah akan membelinya atau tidak.

BACA JUGA :  Turki Ajukan Permintaan Resmi Kepada AS Untuk Mengekstradisi Fethullah Gulen

“Beberapa negara di Afrika, termasuk Uganda dan Nigeria yang sedang melancarkan perang melawan Boko Haram, bisa saja membeli Su-34. Pesawat tempur pembom kelas atas ini juga bisa memperkuat Angkatan Udara Ethiopia, yang masih mengoperasikan armada Su-27 yang sudah menua,” kata Korotchenko.

Su-34 juga telah menarik minat Irak, Uzbekistan dan Turkmenistan. Sementara itu, Kazakhstan sudah mengoperasikan satu skuadron pesawat tempur yang baru saja diakuisisi dari Rusia. Didukung oleh mesin ganda turbofan Saturn AL-31F, Su-34 merupakan unit pesawat tempur pembom generasi keempat yang diciptakan berdasarkan pengembangan airframe  Sukhoi Su-27.

BACA JUGA :  Lawan Putin, Menkeu Jerman Usulkan Anggaran Militer Gabungan Uni Eropa

Unit ini dapat melakukan operasi non-stop sejauh 4.000 kilometer dan terbang dengan kecepatan maksimum hingga 2.200 kilometer per jam. Persenjataan utamanya mencakup rudal GSH-301 30 mm, rudal jelajah, rudal udara ke udara, rudal udara ke darat, serta rudal anti-kapal dan anti-radiasi. Selain itu, Su-34 juga dapat menjatuhkan bom dengan mengunci target secara presisi.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.com Simak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Rudal Tomahawk Generasi Kelima, Apa Istimewanya?

HobbyMiliter.com - Pada tanggal 30 November 2020, Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy,red) dikabarkan telah berhasil melaksanakan ujicoba peluncuran rudal jelajah Tomahawk varian terbaru...

Purwarupa MPF Medium Tank AS Masuki Tahap Ujicoba Pasukan

HobbyMiliter.com – Purwarupa kendaraan tempur medium tank MPF atau Mobile Protected Firepower dari dua pabrikan kendaraan tempur yang sedang bersaing untuk memenangkan kontrak pengadaan...

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis- Hobbymiliter.com. SMX-31 adalah suatu konsep kapal selam masa depan dari negeri Baguette. Konsep ini adalah unik karena memperkenalkan...

STRIL, Sistem koordinasi & datalink AU Swedia

Sejarah STRIL, Sistem Koordinasi & datalink AU Swedia- Hobbymiliter.com.  Bahwa Swedia terkenal sebagai salah satu negara di semenanjung Skandinavia yang bersifat independen atau dalam...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua