Harga F-35A Berpotensi Turun

0
1953
Harga F-35A Berpotensi Turun
Harga F-35A Berpotensi Turun. Sebuah F-35A sedang bermanuver sambil membuka ruang penyimpanan senjata internalnya, tampak dua munisi bom diangkut pesawat tersebut. Sumber : military.com

HobbyMiliter.com – Harga F-35A Berpotensi Turun. Selasa, 24 Januari lalu, raksasa perusahaan industri pertahanan asal Amerika Serikat, Lockheed Martin menyatakan bahwa harga per unit dari pesawat jet tempur siluman F-35A berpotensi turun pada kontrak pengadaan yang akan datang. Pernyataan ini dikeluarkan oleh perwakilan konsorsium tersebut pasca tersiarnya kabar bahwa Lockheed Martin dan Departemen Pertahanan Amerika Serikat telah mencapai kesepakatan final terkait kontrak pengadaan batch ke 9 pesawat jet tempur siluman F-35A untuk Angkatan Udara Amerika Serikat pada tanggal 20 Januari lalu. Tak hanya itu, Lockheed Martin akhirnya membuat pernyataan tersebut setelah sejak Desember 2016 lalu, presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump melontarkan kritik pedas terhadap biaya proyek F-35 yang dianggap telah “melebihi batas dan diluar nalar”, yang dilanjutkan dengan pernyataan nya yang terkesan membandingkan antara F/A-18 Super Hornet dengan F-35 Lightning II.

BACA JUGA :  Inggris Resmi Mulai Proyek Pembuatan Senjata Laser

Hal ini langsung direspon oleh CEO Lockheed Martin, Marillyn Hewson. Dengan menyatakan bahwa pihak nya berada dalam rencana yang sejalan dengan presiden Donald Trump, ia menyebut bahwa kedepannya kedua belah pihak (Angkatan Udara Amerika Serikat atau USAF dan Lockheed Martin) berusaha untuk mengkondisikan agar harga per unit bisa diturunkan hingga level dibawah 100 juta Dollar AS.

Hewson menyebut, kontrak pengadaan unit F-35A yang disebut dengan akronim LRIP, akan memasuki batch ke sepuluh. “Harga per unit pada kontrak pengadaan LRIP ke sepuluh akan lebih murah hingga 60 persen daripada harga pada kontrak pengadaan RIP pertama.” Demikian ujarnya pada salah satu media swasta nasional AS pada 24 Januari 2017.

BACA JUGA :  India Tambah 100 Unit Rudal Siluman BrahMos Ke Perbatasan Tiongkok

Harga F-35A Berpotensi Turun. Kontrak pengadaan LRIP ke 10 juga menandai pencapaian baru dalam proyek prestisius Pentagon tersebut. LRIP ke 10 akan menjadi penanda peningkatan signifikan pada kapasitas produksi dalam satu batch di lini produksi milik Lockheed Martin. Kedepan, lini produksi perusahaan tersebut akan mampu memproduksi hingga 90 unit pesawat tempur F-35 dari yang sebelumnya hanya 57 unit pada LRIP ke 9.

Harga F-35A Berpotensi Turun. F-35A merupakan varian khusus F-35 yang termasuk dalam kategori pesawat jet tempur Conventional Take Off and Landing” atau CTOL. Varian ini jugalah yang dipesan oleh Angkatan Udara Kerajaan Belanda, Jepang, dan Israel. F-35A merupakan satu – satunya varian F-35 yang memiliki persenjataan kanon alias meriam internal pada badan pesawat.

Sepakat Soal Diskon Harga, Pentagon Pesan 90 Unit F-35 dari Lockheed Martin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here