Friday, September 25, 2020
Home 2016, Robot Tempur Bergabung Dalam Militer Rusia

2016, Robot Tempur Bergabung Dalam Militer Rusia

Hobbymiliter.com – Rusia akan meluncurkan beragam awak robot inovatif untuk mengoptimalkan kinerja angkatan bersenjatanya pada tahun 2016 ini.

“Sistem robot lanjutan generasi terbaru ini yang dirancang untuk pemakaian militer ini telah teruji dalam kerangka kerja pengembangannya. Sebagian dari perangkat robotik ini akan dikirim ke pihak militer pada 2016,” kata Kolonel Jenderal Pavel Popov dalam wawancara dengan koran Krasnaya Zvezda (Bintang Merah).

1-robot-tempur-bergabung-dengan-militer-rusia-2016
Demonstrasi robot tempur Ural-6. Sumber: rusarmyexpo.ru

Dalam satu dasawarsa ke depan, kekuatan tempur Rusia akan mengusung sistem kendali remote dan robotik dengan jumlah sekitar 30 persen. Di samping itu, ada puluhan sistem robotik berbasis darat dan laut serta ratusan UAV (drone) yang sudah digunakan oleh militer Rusia.

BACA JUGA :  Korea Selatan Akan Membeli Dua Unit Pesawat Peringatan Dini Peace Eye

Tahun lalu, robot pemantau dan petugas pemadam kebakaran menjadi primadona pada acara pertunjukan mesin tempur otomatis yang dipamerkan selama pergelaran militer Army-2015 di luar kota Moskow.

Kerangka yang diberi nama Platform-M adalah salah satu sistem robot tempur terbaru, yang dikhususkan untuk melawan musuh tanpa melakukan kontak langsung.

Berbekal sebuah peluncur granat dan senapan mesin, perangkat ini dapat menjadi satuan tempur yang ideal untuk misi pengintaian dan patroli, serta untuk menjaga area yang dianggap penting.

Sedangkan Uran-6 merupakan robot penghapus ranjau serbaguna, yang cukup kuat untuk menggantikan peran 20 orang prajurit. Perangkat ini dapat dioperasikan dari jarak yang jauh dan relatif aman, yakni sekitar satu kilometer.

BACA JUGA :  AS Setujui Penjualan Rudal Anti Radiasi AGM-88E AARGM Ke Jerman

Dipersenjatai dengan pisau buldoser dan pukat, robot Uran-6 dapat mendeteksi, mengidentifikasi dan menghancurkan ranjau yang mengandung mesiu hingga 60 kilogram beratnya. Sedangkan perangkat pendampingnya, Uran-14, dapat menembus medan sulit dan memadamkan api.

Ada pula Argo, yakni robot jarak jauh yang dioperasikan dengan kendali remote. Argo juga memiliki kemampuan berenang, sehingga dapat dipakai sebagai perangkat yang penyokong untuk unit pendaratan Marinir. Robot Argo dipersenjatai dengan senapan mesin berkaliber 7.62mm tunggal, dan troika roket peluncur granat RPG-26.

BACA JUGA :  Latihan Pertahanan Pangkalan 2013

Daftar sistem robot militer yang dijadwalkan akan segera melakukan misi militer pada tahun 2016 juga memasukkan robot mini portabel Yula-N. Dengan bobot sekitar satu kilogram, Yula-N dapat mengirimkan informasi ke operator hingga 100 meter jauhnya selama dua jam non-stop.

Terakhir, ada Kadet yang merupakan robot pengintai mini yang juga dapat digunakan untuk mengangkut kargo kecil.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ngeteng, Cara Angkatan Udara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF

Beli Ngeteng, Cara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF - HobbyMiliter.com. Dalam diskusi diskusi di forum forum militer online maupun di grup grup militer di Facebook,...

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia - HobbyMiliter.com - Meski telah jutaan tahun membalut Bumi, belum seluruh bagian atmosfer bisa...

Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an

Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an - HobbyMiliter.com. Perang Soviet di Afghanistan berlangsung selama lebih dari sembilan tahun....

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet - HobbyMiliter.com. Pada saat persiapan operasi Trikora dalam rangka perebutan Irian Barat (sekarang Provinsi...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua