Thursday, March 28, 2024
HomeAS Kecam Kunjungan Presiden Taiwan Ke Area Sengketa Laut Cina Selatan

AS Kecam Kunjungan Presiden Taiwan Ke Area Sengketa Laut Cina Selatan

72-as-kecam-kunjungan-presiden-taiwan-ke-laut-cina-selatan
Pulau Taiping alias Itu Aba yang dibangun oleh Taiwan di Laut Cina Selatan. Sumber: Reuters

Pulau Taiping alias Itu Aba berada di kepulauan Spratly yang terdiri dari ratusan pulau, karang, dan atol.

Sebelumnya, Taiwan baru saja menyelesaikan pembaruan pelabuhan di pulau tersebut senilai $100 juta. Pihaknya juga membangun sebuah mercusuar baru di Itu Aba yang kini memiliki landasan pacu, rumah sakit, dan akses air bersih sendiri.

Ada sekitar 600 orang yang tinggal di pulau seluas 46 hektar tersebut. Kebanyakan dari mereka adalah pasukan militer, penjaga pantai, dan personil pembantu.

Masing-masing Taiwan dan Tiongkok mengklaim sebagian besar dari wilayah perairan Laut Cina Selatan, yang digunakan sebagai rute pengangkutan perdagangan dengan nilai lebih dari 5 triliun dollar per tahunnya. Selain itu, Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Brunei juga ikut mengklaim sebagian dari perairan ini.

BACA JUGA :  Rudal NSM Perkuat Armada Kapal Perang Inggris

Pembangunan tujuh pulau buatan milik Tiongkok di Laut Cina Selatan dikritik keras oleh Washington, yang menuduh Beijing sedang berencana mengadakan“program reklamasi lahan” demi membangun pulau buatan seluas 800 hektar.

Dalam kunjungannya ke Beijing pada Rabu (27/1), Menteri Luar Negeri AS, John Kerry mengatakan AS dan Tiongkok perlu mencari solusi untuk menurunkan tekanan di wilayah regional tersebut.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Kebijakan-Kebijakan Orde Baru

Inilah Kebijakan-Kebijakan Orde Baru dalam Pembangunan Indonesia

0
Inilah Kebijakan-Kebijakan Orde Baru dalam Pembangunan Indonesia - HobbyMiliter.com - Apa yang dimaksud dengan istilah Orde Baru? Orde Baru merupakan masa pemerintahan yang berlaku...

Recent Comments