An132D Flying Straight
An132D saat melaksanakan penerbangan. Rencananya, Pesawat ini akan memulai debutnya di Timur Tengah pada Dubai Airshow yang akan diadakan pada bulan November tahun 2017 ini.Sumber : Dylan Malyasov

HobbyMiliter.com – Pesawat Angkut Antonov An132D Memulai Debut Di Timur Tengah. Pesawat angkut ringan dan misi khusus Antonov An132D akan memulai debutnya di Timur Tengah. Rencananya, pesawat ini akan ikut tampil dalam pameran kedirgantaraan Dubai Airshow 2017 yang akan dilaksanakan di Dubai, Uni Emirat Arab. Dalam penampilan kali ini An132D akan menunjukkan kemampuan manuver dan kapabilitas nya. Penampilan akan dikemas dalam bentuk demonstrasi penerbangan dan manuver.

Dengan mengusung slogan “Pesawat Antonov pertama yang tidak diperlengkapi dengan ‘komponen’ buatan Rusia”, debut pesawat An132D kali ini juga akan menjadi capaian baru yang bersejarah bagi biro desain dan produksi pesawat SE “Antonov” yang kini merupakan bagian dari Perusahaan Strategis Pertahanan asal Ukraina, UKROBORONPROM. Pesawat angkut ini didesain dan diproduksi secara joint development oleh Antonov, Taqnia Aeronautics dan King Abdulaziz City for Science and Technology (KACST).

An132D saat melaksanakan penerbangan.
  • Facebook
  • Google+
  • Twitter
  • Tumblr
  • Pinterest
An132D saat melaksanakan penerbangan.
Sumber : Dylan Malyasov

An132D sendiri sebenarnya dapat dikatakan sebagai “versi Barat-nya” Antonov An32. Sebuah pesawat angkut militer dengan dua mesin Pratt & Whitney PW150. Soal Avionik, pesawat ini mengusung sistem avionik besutan Honeywell, yang juga merupakan konsorsium pertahanan dari blok “Barat”. Untuk bilah baling – baling atau Propeller dipasok dari Messier Bugatti Dowty (yang kini bernama SAFRAN Landing System) yang bermarkas di Perancis.

Baca juga :   Menhan India: Kami Sepenuhnya Siap Bersitegang Dengan Pakistan

Menariknya, selain keterlibatan perusahaan aviasi asal negara – negara Eropa dan Amerika Serikat, dalam perkembangannya An132D juga menarik minat perusahaan asal Saudi Arabia, Taqnia Aeronautics. Pada bulan April tahun 2015 yang lalu, Taqnia Aeronautics dan Antonov menandatangani persetujuan yang memungkinkan kedua perusahaan mengembangkan dan memproduksi pesawat angkut ringan ini di Saudi Arabia. Prototype pertama dari pesawat ini ditampilkan untuk pertama kalinya di Kiev, ibukota Ukraina pada tanggal 20 Desember 2016 silam. Kemudian pada tanggal 31 Maret 2017 pesawat ini diterbangkan untuk yang pertama kalinya dari markas produksi Antonov di Sviatoshyn Airfield dan mendarat di landasan udara pusat uji coba milik Antonov di Gostomel.

Baca juga :   NATO Kritik Keras Penempatan Rudal Iskander-M Rusia di Kaliningrad.

Spesifikasi Teknis Antonov An132D Light Transport And Special Mission Aircraft :

Kapasitas angkut maksimal : Kargo seberat 9.200 kg / 9,2 ton, atau 75 orang pasukan.

Panjang Total : 24,53 meter

Wingspan atau Rentang Sayap : 29,20 meter

Tinggi Total : 8,80 meter

Berat maksimal saat lepas landas atau MTOW : 28.500 kg / 28,5 ton

Mesin : 2 x Pratt & Whitney Canada PW150A Turboprops Menghasilkan daya 3.781 kW tiap unitnya

Propeller atau Bilah Baling – baling : 2 x 6-bilah baling – baling model Dowty R408

Kecepatan Jelajah : 550 km/jam

Jarak jangkau maksimal : 4.400 km

Ketinggian Terbang Maksimal : 9.000 meter / 30.000 feet

Jangan lupa isi form komentar di bawah
ARTIKEL MENARIK LAINNYA UNTUK ANDA