Friday, August 12, 2022
HomeSpesifikasi LPD KRI Makassar 590, Landing Platform Dock TNI AL

Spesifikasi LPD KRI Makassar 590, Landing Platform Dock TNI AL

LPD KRI Banjarmasin 592 TNI AL
LPD KRI Banjarmasin 592 TNI AL.

Kapasitas Angkut LPD Kelas Makassar

Kapal ini dapat membawa sekitar 35 kendaraan seperti IFV, tank ringan dan berbagai kendaraan militer lainnya. Kapal ini dapat menampung sekitar 507 prajurit ditambah dengan 126 kru kapal, 126 kru kendaraan dan 27 tamu dan perwira. Tank deck setinggi 6.7 meter dan truck deck setinggi 11.3 meter sehingga dapat mengakomodir berbagai kendaraan tempur dan kargo. Selain itu, kapal ini juga diperlengkapi dengan dua buah Landing Craft, Vehicle and Personnel (LCVP) sepanjang 23 meter untuk pendaratan prajurit.

BACA JUGA :  Taiwan Sukses Lakukan Uji Tembak Rudal Anti Kapal

Sistem Senjata dan Mesin KRI Kelas Makassar

LPD kelas Makassar tadinya direncanakan untuk diperlengkapi dengan dua titik MBDA Mistral Simbad launcher untuk rudal pertahanan udara Mistral. Rudal darat-ke-udara Mistral membawa warhead High Explosive seberat 2,95 kg dan memiliki jangkauan efektif sekitar 5.3 km. Kapal ini juga dapat diperlengkapi dengan meriam utama di depan anjungan dan meriam 20mm di posisi “B”.

KRI Makassar ditenagai dengan mesin bersistem combined diesel and diesel (CODAD) yang menggabungkan dua buah mesin diesel maritim MAN B&W 8L28/32A. Setiap mesin bertenaga 1,960 kW. Kapal ini juga dilengkapi dengan bow thruster agar dapat mempunyai kemampuan manuver di air yang lebih baik. Mesin penggeraknya membuat kapal ini berkecepatan maksimum 15 Knot dengan jarak jelajah maksimal 10.000 mil. Daya tahan (endurance) kapal ini adalah sekitar 30 hari.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

90-ujicoba-rudal-brahmos-india-di-jet-tempur-sukhoi-su-30-mki

Rudal Brahmos India Siap Diujicoba Pada Jet Tempur Sukhoi Su-30 MKI

0
Hobbymiliter.com - Angkatan Udara India akan menjadi militer pertama yang akan menjajal rudal jelajah dengan kecepatan melebihi suara, pasca keberhasilan integrasi rudal Brahmos pada...

Recent Comments