Friday, January 27, 2023
HomeSpesifikasi LPD KRI Makassar 590, Landing Platform Dock TNI AL

Spesifikasi LPD KRI Makassar 590, Landing Platform Dock TNI AL

KRI Makassar 590, Landing Platform Dock TNI AL
KRI Makassar 590, Landing Platform Dock TNI AL. Sumber Flickr eko.alperio

Desain dan Kelengkapan LPD Kelas Makassar

Kedua kapal pertama yang dibangun di Korea, dibuat berdasarkan pada LPD kelas Tanjung Dalpele (sekarang KRI Dr. Soeharso). Kapal ketiga dan keempat dirubah desainnya untuk menambahkan modul command and control system sebagai pusat misi, meriam 57mm dan (rencananya) 2 titik rudal pertahanan udara. Dengan adanya modul command and control system sebagai pusat kendali misi, kapal yang dibuat indonesia dapat difungsikan sebagai flagship armada. Desain superstruktur juga mengadopsi bentuk semi-stealth technology. Keseluruhan LPD dilengkapi dengan combat information system dan sistem komunikasi agar bisa beroperasi dengan armada.

BACA JUGA :  IFV Stryker Dengan Senjata Meriam Otomatis Ditempatkan Di Eropa

KRI Makassar dan KRI Surabaya mempunyai panjang 122 meter, lebar 22 meter dan kedalaman draft 4.9 meter. Sedangkan KRI Banjarmasin dan KRI Banda Aceh mempunyai panjang 125 meter. KRI Makassar mempunyai displacement (berat benaman) 7,300t.

LPD Kelas Makassar diperlengkapi juga dengan landasan helikopter dan hanggar untuk mendukung kegiatan penerbangan helikopter kelas medium dan ringan seperti Mil Mi-2 (yang mangkrak di Juanda), NAS-332 Superpuma, Bell 412, Eurocopter Dauphin dan sebagainya. Dua kapal pertama, KRI Makassar dan KRI Surabaya dapat menampung tiga helikopter sedangkan dua kapal terakhir, KRI Banjarmasin dan KRI Banda Aceh dapat menampung lima helikopter.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

USS Mason Firing SM-2

Lagi, Kapal Perusak USS Mason Gagalkan Serangan Rudal C802 Pasukan Houthi

0
HobbyMiliter.com - Setelah menggagalkan serangan dari 2 unit rudal C802 yang diluncurkan oleh platform peluncuran darat milik pasukan Houthi pada hari Minggu, 9 Oktober...

Recent Comments