KN08, Rudal Balistik Antar-Benua Milik Korut, Siap Diluncurkan

0
3414
37-rudal-balistik-korea-utara-kn08

Hobbymiliter.com – Korea Utara segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meluncurkan rudal balistik antar benua (ICBM) yang dapat dioperasikan dengan menggunakan kendaraan darat. Rudal bernama KN08 (Hwasong-13) ini memiliki potensi untuk mencapai wilayah Amerika Serikat.

Korut pun dilaporkan telah membentuk “unit militer” baru yang akan bekerjasama dengan Pasukan Roket Strategis mereka demi memperlancar peluncuran tersebut. Demikian disampaikan oleh kantor berita Korsel, Yonhap, dengan mengutip sumber internal dari pejabat militer AS dan Korsel.

9 Februari silam, direktur intelijen nasional AS, James R. Clapper, dalam sebuah laporan untuk komite alutsista Senat AS, mengatakan bahwa Korut telah memulai langkah untuk membangun sistem KN08, meskipun faktanya rudal balistik tersebut sama sekali belum diterbangkan.

BACA JUGA :  Helikopter Tempur Apache Angkatan Bersenjata Yunani Jatuh Saat Latihan

“Senjata nuklir dan program rudal Korea Utara akan terus menjadi ancaman serius bagi kepentingan AS dan lingkungan keamanan di Asia Timur pada tahun 2016 ini,” papar Clapper. “Pyongyang berkomitmen untuk mengembangkan rudal bertenaga nuklir yang mampu mengancam wilayah Amerika Serikat secara langsung.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here