Tuesday, May 24, 2022
HomeBlog MiliterBerita MiliterKadislambair Koarmada II Dapatkan Brevet Kehormatan Penyelam TNI AL

Kadislambair Koarmada II Dapatkan Brevet Kehormatan Penyelam TNI AL

Hobbymiliter.com – Pada hari Kamis, 11 November 2021 telah dilaksanakan kegiatan penyematan tanda kehormatan Brevet Penyelam TNI AL kepada Kepala Dinas Penyelamatan Bawah Air (Kadislambair) Koarmada II Kolonel Laut (T) Sugeng Priono, S.E.,M.M. yang genap satu bulan menjabat sebagai Kepala Dinas Penyelamatan Bawah Air (Kadislambair) Koarmada II. Kegiatan ini dilaksanakan di wilayah latihan Pasir Putih, Situbondo, Jawa Timur. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan di bawah air di area monumen Underwater Navy Diver Pasir Putih.

Adapun prosesi penyerahan tanda kehormatan Brevet Penyelam TNI AL ini tidak dilakukan secara instan. Sebelum melaksanakan prosesi penyematan tanda kehormatan Brevet Penyelam TNI AL, terlebih dahulu Kadislambair bersama tim penyelam dari Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada II bersama-sama menuju ke titik penyelaman (Diving Spot) yang telah ditentukan sebelumnya dengan menggunakan perahu karet atau Rubber Boat Dislambair Koarmada II.

BACA JUGA :  Inggris Resmi Mulai Proyek Pembuatan Senjata Laser

Setibanya di Diving Spot pada pukul 09.20 WIB, Kadislambair bersama tim penyelam kemudian melaksanakan operasi penyelaman kerja Underwater Light Recovery atau Pekerjaan Bawah Air Ringan. Dalam operasi kali ini, Kadislambair harus turun menyelam ke kedalaman 33 kaki (kurang lebih 10,5 meter) tanpa menggunakan diving fin atau sirip yang biasa digunakan pada kaki penyelam (sepatu katak,red). Setibanya di kedalaman tersebut, Kadislambair kemudian harus mencari objek Flange atau pipa sambungan baja. Setelah pipa tersebut ditemukan, Kadislambair harus membongkar pipa tersebut dan mengeluarkan Pin Brevet yang ada di dalam pipa tersebut dengan menggunakan peralatan yang dibawa.

BACA JUGA :  Pasukan Bela Diri Maritim Jepang Resmikan Kapal Penyapu Ranjau Baru

Setelah berusaha keras, Pin akhirnya berhasil dikeluarkan dan diserahkan kepada perwira pendamping penyelaman. Kemudian Pin Brevet tersebut disematkan kepada Kadislambair yakni Kolonel Laut (T) Sugeng Priono, S.E.,M.M.; proses penyematan Brevet Penyelam TNI AL ini dilakukan oleh Mayor Laut (T) Eko Wahyu selaku Perwira Pendamping. Usai melaksanakan Penyelaman dan Penyematan Brevet, Kadislambair dan para penyelam pendamping segera naik ke permukaan dan menuju bibir Pantai Pasir Putih, untuk  selanjutnya melaksanakan pembacaan Piagam Penyelam TNI AL. Prosesi penyematan  ditutup dengan lagu Mars Penyelam TNI AL diiringi tepuk tangan seluruh Prajurit Penyelam Dislambair Koarmada II, yang  menandakan seluruh tahapan rangkaian Penyematan Tanda Kehormatan sudah selesai  dilaksanakan dengan aman dan sukses.

BACA JUGA :  Laporan Khusus: Kisah Perang Cyber China Terhadap Amerika

Terlibat dalam kegiatan ini selaku perwira pendamping penyematan bawah air yakni Mayor Laut (T) Eko Wahyu, Kapten Laut (T) Sugiarto , Lettu Laut (K) Musman.

Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

PKR Disebut Karya Anak Bangsa, Ternyata PT PAL Hanya Sebagai Subkon Dengan Jatah Pekerjaan Senilai 4,3% Saja

PKR Disebut Karya Anak Bangsa, Ternyata PT PAL Hanya Sebagai Subkon...

122
PKR Disebut Karya Anak Bangsa, Ternyata PT PAL Hanya Sebagai Subkon Dengan Jatah Pekerjaan Senilai 4,3% Saja - HobbyMiliter.com. Selama ini netizen banyak yang...

Recent Comments