Tiongkok dan Korea Utara Bahas Program Nuklir Di Pertemuan Menlu Se-Asean

0
832
30-tiongkok-dan-korea-utara-bahas-program-nuklir-di-pertemuan-menlu-asean

Hobbymiliter.com – Perwakilan dari Tiongkok dan Korea Utara dilaporkan terlibat diskusi tertutup disela-sela pertemuan Menteri Luar Negeri se-Asean di Vientiane, Laos. Keduanya membahas program nuklir Pyongyang yang menjadi sumber ketegangan di Asia Timur.

Menteri Luar Negeri Korea Utara yang baru, Ri Yong-Ho, yang dulunya adalah mantan negosiator Korut di pertemuan nuklir Enam Negara, bertemu dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi di Vientiane. Ini adalah kali pertama Ri hadir dalam pertemuan diplomatik internasional sejak dilantik menjadi Menlu Korut Mei silam.

BACA JUGA :  TINGKATKAN KERJASAMA, MARINIR INDONESIA – AMERIKA GELAR LATIHAN BERSAMA PLATOON EXCHANGE

Palang pasukan keamanan, masing-masing dari Laos dan Korea Utara pun menutup rapat ruang pertemuan kedua Menlu tersebut.

Hubungan antara Beijing dan Pyongyang sedikit merenggang karena tindakan Kim Jong-Un yang memilih untuk melakukan serangkaian ujicoba senjata nuklir dan mempublikasikannya ke dunia internasional. Ujicoba tersebut membuat negara-negara di regional Asia Timur menjadi khawatir.

Sebagai tanggapan atas serangkaian ujicoba nuklir tersebut, Washington dan Seoul pun bereaksi dengan mengirimkan sistem persenjataan rudal Amerika Serikat di dekat perbatasan Korut dan Korsel. Baik Pyongyang dan Beijing menyatakan keberatan atas kehadiran sistem persenjataan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here