Tuesday, May 21, 2024
HomeKembangkan Combat Drone, Prancis dan Inggris Kucurkan Dana 28 Triliun

Kembangkan Combat Drone, Prancis dan Inggris Kucurkan Dana 28 Triliun

76-prancis-dan-inggris-kembangkan-combat-drone
Ilustrasi Combat Drone. Sumber: Aeronews TV

Sebelumnya, pada November 2014 silam, Pemerintah Inggris dan Prancis memberi mandat kepada dua kontraktor militer negaranya masing-masing, yakni BAE Systems dan Dassault Aviation untuk mengadakan studi kelayakan senilai 120 juta poundsterling (2,2 triliun rupiah).

Selain dua kontraktor diatas, Rolls-Royce dan Safran juga ditugaskan untuk mengerjakan sistem penggerak. Sedangkan pengadaan sensor dan elektronika akan dikerjakan oleh grup Selex ES dan Thales.

Pabrikan jet tempur Prancis, Dassault, telah mengembangkan pesawat siluman tanpa awak (stealth drone) yang diberi nama Neuron. Pesawat ini difungsikan sebagai purwarupa untuk mengujicoba dan mengembangkan teknologi FCAS. BAE Systems juga mengembangkan pesawat serupa yang diberi nama Taranis.

BACA JUGA :  Kapal Selam Kelas Virginia Ke-21 Milik AS Diresmikan

Kerjasama Paris dan London di bidang pesawat tanpa awak (drone) pertama kali digagas dalam pakta Lancaster House pada 2010 silam. Kerjasama ini bertujuan untuk membangun pertahanan gabungan yang lebih efisien antar kedua negara.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

89-koran-zaman-pindah-ke-jerman

Resmi Diambilalih Paksa Erdogan, Koran Zaman Turki Pindah Ke Jerman

0
Hobbymiliter.com - Koran dengan jumlah oplah terbesar dan paling digemari di Turki, Zaman, akan melanjutkan kegiatan publikasi dan kampanye oposisinya di Jerman setelah diambilalih paksa...

Recent Comments