Thursday, April 25, 2024
HomeXi Jinping Layangkan Keberatan Soal Sistem Rudal THAAD Milik AS Di Korsel

Xi Jinping Layangkan Keberatan Soal Sistem Rudal THAAD Milik AS Di Korsel

Presiden Korsel dan Tiongkok bertemu disela-sela Konferensi G20 di Hangzhou, Tiongkok. Sumber: Reuters
Presiden Korsel dan Tiongkok bertemu disela-sela Konferensi G20 di Hangzhou, Tiongkok. Sumber: Reuters

Beberapa jam pasca pertemuan tersebut, Korut kembali meluncurkan tiga ujicoba rudal balistik yang diarahkan menuju perairan Laut Jepang.

Sehari sebelum konferensi G20 di Hangzhou, Park bertemu dengan Vladimir Putin di Forum Ekonomi Timur di Vladivostok. Ia mengemukakan bahwa Rusia dan Tiongkok harus meninjau kembali pengaruh politik mereka di Pyongyang. Putin menjawab bahwa pihaknya harus berhati-hati dalam bertindak supaya tidak memprovokasi pemimpin Korut, terutama soal langkah yang mereka ambil dalam mempertahankan keamanan nasionalnya.

“Setiap tindakan agresif yang dilakukan terhadap permasalahan Korut akan berbalik arah. Perundingan multilateral tetap menjadi solusi yang terbaik,” kata Putin. Ia mengaku Rusia punya beberapa saluran komunikasi dengan Pyongyang, dan akan memanfaatkannya untuk meredakan ketegangan.

BACA JUGA :  Turki Targetkan 10 Miliar Dollar Dalam Kontrak Militer Dengan Arab Saudi

Selain bertemu dengan Presiden Korsel, Xi Jinping juga bertemu dengan Barack Obama untuk melayangkan keberatan secara langsung. Xi menekankan bahwa pihaknya secara fundamental menolak adanya penempatan sistem THAAD di Korea Selatan, dan menyerukan agar Amerika Serikat menghormati kepentingan keamanan strategis Tiongkok.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

80-kapal-royal-navy-kawal-kapal-tempur-satgas-rusia-2

[FOTO] Pengawalan Royal Navy Inggris Terhadap Armada Kapal Satgas Rusia

0
Hobbymiliter.com - Badan Penerangan Departmen Pertahanan Inggris menerbitkan foto-foto operasi pengawalan armada kapal perang Rusia yang melewati perairan Britania pada hari Jumat, 15 Oktober...

Recent Comments