Tuesday, November 24, 2020
Home Kepala Komando Timteng AS: Kami Tetap Dukung Kurdistan Meski Dibenci Turki

Kepala Komando Timteng AS: Kami Tetap Dukung Kurdistan Meski Dibenci Turki

Hobbymiliter.com – Amerika Serikat mempertegas sikapnya untuk tetap mendukung pasukan paramiliter Kurdistan di Suriah, meskipun ditentang oleh Turki. Ankara secara terang-terangan menyebutkan bahwa pihaknya akan meluluhlantakkan posisi Kurdistan di Suriah.

“Mereka (Unit Perlindungan Rakyat Kurdi/YPG) telah menepati janji kepada kami, untuk bergerak ke arah timur Sungai Efrat demi memenuhi salah satu permintaan Ankara,” ujar Kepala Komando Timteng AS, Jenderal Joseph Votel.

YPG adalah sayap militer Partai Persatuan Demokratik (PYD), yang dianggap sebagai kelompok teroris oleh pemerintah Turki. Amerika Serikat menganggap YPG sebagai kelompok paramiliter yang paling efektif dalam perang memberantas ISIS di Suriah.

BACA JUGA :  SLMM: Ranjau Andalan Kapal Selam Changbogo Class

Namun pemerintah Turki menyanggah pernyataan Votel dengan menyebut bahwa pasukan YPG malah bergerak ke arah timur perbatasan kota Jarablus, yang kini dikuasai Turki setelah mengerahkan sejumlah tank dan alutsista mekanik kesana. Kehadiran pasukan Turki hanya mendapat sedikit perlawanan.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Turki, Tanju Bilgic mengatakan Duta Besar AS untuk Turki telah dipanggil untuk mendengarkan permintaan Turki mengenai YPG. Ankara meminta agar “YPG segera kembali mundur ke wilayah timur (Sungai) Efrat.” Bilgic menyebut “tindakan YPG sangat tidak dapat ditolerir karena tidak mampu memenuhi janji AS dalam hal memundurkan posisi mereka.”

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis- Hobbymiliter.com. SMX-31 adalah suatu konsep kapal selam masa depan dari negeri Baguette. Konsep ini adalah unik karena memperkenalkan...

STRIL, Sistem koordinasi & datalink AU Swedia

Sejarah STRIL, Sistem Koordinasi & datalink AU Swedia- Hobbymiliter.com.  Bahwa Swedia terkenal sebagai salah satu negara di semenanjung Skandinavia yang bersifat independen atau dalam...

Bagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?

Bagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?- Hobbymiliter.com. Bidang Pertahanan udara dewasa ini memiliki sebuah pertanyaan,  utamanya setelah perang Suriah, Libya, serangan drone AS di...

Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS

Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS- hobbymiliter.com. Bahwa dewasa ini kita mengenal Angkatan laut AS utamanya dari armada kapal selam nuklirnya. Nama-nama seperti...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua