Saturday, October 23, 2021
HomeXi Jinping Layangkan Keberatan Soal Sistem Rudal THAAD Milik AS Di Korsel

Xi Jinping Layangkan Keberatan Soal Sistem Rudal THAAD Milik AS Di Korsel

Hobbymiliter.com – Presiden Tiongkok Xi Jinping mengemukakan keberatannya kepada Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye perihal penempatan sistem pertahanan rudal Amerika Serikat di Korea Selatan.

Xi bertemu dengan Park Geun-hye disela-sela pertemuan kepala negara-negara G20 di Hangzhou, Tiongkok. Orang nomor satu di negeri tirai bambu tersebut memperingatkan bahwa “penyelesaian masalah yang kurang ideal semacam ini, tidak akan bisa membantu memastikan stabilitas strategis di regional (Asia Timur) dan malah akan memperparah konflik yang sudah ada.”

Park membalas dengan menyebutkan beberapa “dosa” yang telah dilakukan oleh Korut. Di tahun 2016 saja, Pyongyang telah melaksanakan sekali ujicoba senjata nuklir ditambah dengan beberapa kali ujicoba rudal. Park menyebut provokasi Pyongyang-lah yang telah membuat stabilitas keamanan di regional tersebut menjadi semakin mengkhawatirkan, dan mengancam hubungan bilateral antara Tiongkok dan Korea Selatan.

BACA JUGA :  Inggris Akan Perbarui Unit Tank Tempur Challenger 2

Pertemuan kedua presiden ini masih dalam suasana panas, pasca pengumuman dari Seoul yang memilih untuk menerima bantuan dari sekutu besarnya, Amerika Serikat. Untuk melakukan langkah antisipasi bilamana rudal Korut sewaktu-waktu menyerang, Korsel akan menempatkan sistem anti rudal balistik Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) di ujung selatan wilayah negaranya.

Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.com Simak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua