Tuesday, March 19, 2024
HomeArmada Jaya 2016: KRI Clurit dan Kujang Gagal Tembakkan Rudal Buatan Tiongkok

Armada Jaya 2016: KRI Clurit dan Kujang Gagal Tembakkan Rudal Buatan Tiongkok

Hobbymiliter.com – Pasukan latihan Armada Jaya TNI AL gagal meluncurkan rudal anti kapal C-705 yang dipasang pada dua KRI. Hal ini disampaikan oleh sumber internal AL kepada tim redaksi IHS Jane pada 15 September kemarin.

Rudal buatan Tiongkok yang dipasang pada Kapal Cepat Rudal (KCR) kelas 40, KRI Clurit (641) dan KRI Kujang (642) sama-sama mengalami kegagalan pada saat proses peluncurannya.

Dalam latihan Armada Jaya yang dimulai pada 14 September sialm, KRI Clurit dan KRI Kujang sama-sama menembakkan satu proyektil rudal C-705 ke arah perairan Laut Jawa.

BACA JUGA :  Rusia Resmikan Operasional Kapal LST Kelas Ivan Gren

Proses ujicoba penembakan tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo yang berdiri di papan dermaga pendarat KRI Banjarmasin (592). Presiden Jokowi sendiri ditemani oleh Kepala Staf TNI AL, Laksamana Ade Supandi, serta Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Menurut sumber internal TNI AL, rudal pertama yang diluncurkan di KRI Clurit mengalami kegagalan saat mendapat aba-aba. Lima menit kemudian, rudal tersebut meluncur secara tidak disengaja karena kesalahan prosedur penanganan gagal tembak yang dijalankan oleh awak kapal.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Sejarah-Kerajaan-Mataram-Kuno (Medium)

Sejarah Kerajaan Mataram Kuno, Kerajaan Agraris Di Pulau Jawa

0
Sejarah Kerajaan Mataram Kuno, Kerajaan Agraris Di Pulau Jawa - HobbyMiliter.com -Tahukah Kamu, kalau Indonesia juga pernah punya kerajaan agraris yang subur makmur? Adalah...

Recent Comments