Korsel Sebar Balon Udara Berisi Brosur Anti Korut Ke Perbatasan

0
523
90-korsel-sebarkan-brosur-anti-korut-lewat-balon-udara
AP/Ahn Young-joon

Hobbymiliter.com – Aktivis Korea Selatan menyebarkan puluhan ribu brosur yang berisi propaganda anti Korea Utara sebagai bentuk reaksi atas ujicoba rudal nuklir yang dilancarkan oleh Pyongyang sepekan silam. Seperti biasanya, Seoul mengecam langkah tersebut dengan memanfaatkan cara-cara yang kreatif.

Brosur anti Korut tersebut diikatkan ke beberapa balon udara helium dan selanjutnya dilepaskan di sebuah lapangan terbuka di perbatasan kota Paju, 40 kilometer dari utara ibukota Seoul. Selain itu, aktivis anti Korut juga menyebar brosur serupa di dekat zona demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan antara Korsel dan Korut.

Kampanye yang dimulai pada hari Kamis (15/9) pagi waktu setempat, berisi kecaman mengenai ambisi Kim Jong-un “yang ingin menciptakan senjata nuklir namun mengabaikan kondisi kemanusiaan rakyatnya.” Kampanye ini diorganisir sendiri oleh mantan pelarian Korut yang kini menjadi aktivis di Korsel, Park Sang-hak. Tindakannya mendapat banyak dukungan dari aktivis unifikasi Korea disana.

Pada waktu yang bersamaan, kantor berita Pyongyang, KCNA mengeluarkan sebuah tajuk opini yang berisi kecaman terhadap Park. KCNA menjulukinya sebagai “kotoran manusia yang tidak ada bandingannya di dunia.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here