Sunday, February 25, 2024
HomeBlog MiliterKapal Selam Rudal Balistik Tiongkok Ini Mampu Targetkan AS dari Laut Cina...

Kapal Selam Rudal Balistik Tiongkok Ini Mampu Targetkan AS dari Laut Cina Selatan

Hobbymiliter.com – Foto-foto kapal selam rudal balistik terbaru Tiongkok kembali bermunculan di internet. Kapal selam yang diberi nama “Jin” dengan Tipe 094A tersebut mengindikasikan adanya pembaruan signifikan dari segi fisik dan teknologi bawaannya.

Dalam foto diatas, terlihat bahwa “punuk” belakang kapal selam Jin lebih menonjol dan memungkinkannya unti mengangkut 12 unit rudal balistik yang dapat diluncurkan langsung dari bawah air.

Kapal selam Tipe 094A milik Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN) tersebut pertama kali terlihat pada akhir November 2016 silam. Diketahui tipe ini berbeda dari keempat Tipe 094 SSBN yang dimiliki oleh Tiongkok sebelumnya. Tipe terbaru ini memiliki menara komando lengkung dan rangka depan yang menyatu dengan lambung kapal, sehingga memungkinkannya untuk mengurangi seretan hidrodinamik.

BACA JUGA :  Biografi John Lie, Pahlawan Angkatan Laut Indonesia

Jendela pada menara komando Tipe 094A juga telah dibuang. Selain itu, kapal selam ini sonar susun berderek (Towed Array Sonar) yang dipasang pada bagian atas sirip belakangnya, sehingga memudahkan operator untuk “mendengar” ancaman dan menghindarinya.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

75-amerika-serikat-luncurkan-drone-gray-eagle

Amerika Serikat Akan Luncurkan Drone MQ-1C Gray Eagle Ke Korsel

0
Hobbymiliter.com - Amerika Serikat berencana untuk meluncurkan pesawat tanpa awak MQ-1C Gray Eagle terbaru untuk berjaga-jaga di daerah Korea Selatan. Drone ini memiliki kemampuan untuk...

Recent Comments