Saturday, October 23, 2021
HomeTiongkok Tempatkan Dua Jet Tempur Ke Wilayah Sengketa Laut Cina Selatan

Tiongkok Tempatkan Dua Jet Tempur Ke Wilayah Sengketa Laut Cina Selatan

Hobbymiliter.com – Tiongkok baru saja meluncurkan jet tempurnya ke pulau yang menjadi sengketa di wilayah Laut Cina Selatan. Jet tempur tersebut dikirim ke pulau tempat mereka memasang instalasi rudal darat-ke-udara (SAM) sebelumnya.

Mengutip dua sumber pejabat Amerikat Serikat yang tidak disebutkan namanya, Fox News mengatakan bahwa dalam beberapa hari terakhir, lembaga intelijen AS telah mendeteksi keberadaan dua unit jet Shenyang J-11, serta Xian JH-7 di Pulau Woody yang masih merupakan bagian dari Kepulauan Paracel.

Jurubicara Komando Pasifik AS, Kapten Laut Darryn James, mengkonfirmasi laporan tersebut. Namun ia mencatat bahwa jet tempur Tiongkok sebenarnya sering menggunakan pulau tersebut sebelumnya.

BACA JUGA :  Kiprah Detasemen Bomber Nuklir Handley Page Victor RAF Di Masa Konfrontasi RI-Malaysia

Woody Island yang juga diklaim oleh Taiwan dan Vietnam, sudah memiliki pangkalan udara operasional sejak era 1990-an, namun baru diperbarui tahun lalu untuk mengakomodir jet tempur J-11.

“Kami masih khawatir akan tindakan Tiongkok yang terus menerus menambah sistem persenjataan canggih di wilayah sengketa tersebut,” kata James.

Sementara itu, jurubicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Hua Chunying memilih memberi jawaban diplomatis. Ia tidak mengkonfirmasi namun tidak juga menampik keberadaan jet tersebut.

Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.com Simak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua