Harga Sepucuk Senapan Serbu

1
67468

m4a1_acog

Negara Pembuat: Amerika Serikat
Produsen: Colt, FN USA, Remington Arms dan banyak lagi
Perkiraan harga: US$ 700-800  (kontrak US Army 2016)
Referensi Harga:  http://www.thefirearmblog.com/blog/2016/04/05/breaking?remington?wins?m4?contract?review/

Sebuah senapan legendaris yang terkenal di seluruh dunia, Colt M4A1 carbine menjadi salah satu senapan serbu terpopuler saat ini, dimana dapat dikatakan hampir semua Special Force unit di seluruh dunia mengoperasikan salah satu varian dari senapan serbu tersebut (bahkan Spetsnaz Rusia sendiri mengoperasikan M4 produksi Russia sendiri dan varian HK-417). Salah satu hal unik dari M4A1 Carbine, senjata ini sudah lama habis patennya, dan saat ini banyak sekali pabrik yang memproduksinya baik di USA maupun di seluruh dunia. Oleh karena itu, kontrak produksi untuk M4A1 Carbine oleh US Military dapat “berpindah pindah” termasuk tendernya. FN USA dan Remington pernah mendapat “jatah” produksi. Namun pada kontrak terakhir oleh US Army, pabrikan asli nya lah yaitu Colt Defense yang mendapat jatah produksi senapan itu. Angka kontraknya? Fantastis! 212 juta US$ untuk 292 ribu pucuk M4A1 Carbine yang akan diproduksi hingga tahun 2020. Apabila dihitung, harga sepucuk senapan serbu M4 per unitnya sekitar US$ 725 (kondisi polos hanya senapan saja), cukup murah dibandingkan peralatan peralatan militer lain US Army. Apabila dihitung hitung, aksesoris M4A1 Carbine bisa lebih mahal dari senjatanya itu sendiri (harga untuk Scope ACOG lansiran Trijicon sendiri per unitnya 610 US$ dan harga untuk AN/PEQ-15A near visible Laser Sight sekitar 694 US$)

BACA JUGA :  MiG-21, Pesawat Jet Tempur Sepanjang Masa

3. Kalashnikov AK-103

ak103

Negara Pembuat: Russia
Produsen: Kalashnikov Concern
Perkiraan Harga: US$ 540
Sumber: http://www.ft.com/cms/s/0/a2fe641e-f582-11da-bcae-0000779e2340.html#axzz4KyXZwAbM

Tidak lengkap membahas senapan serbu tanpa membahas senapan keluarga AK-47. Terkenal sejak perang Vietnam dan telah berlaga di hampir semua konflik di dunia, varian AK-47 diproduksi dimana mana oleh berbagai negara dan perusahaan. Mulai dari pengrajin senjata primitif di pegunungan Pakistan hingga pabrik senapan olahraga di Amerika Serikat, sangat sukar mendapatkan info harga yang akurat untuk sepucuk senapan legendaris ini. Salah satunya adalah, beragam varian dengan aneka kualitas produksinya membuat harganya pun berfluktuasi di pasaran Dunia. Rusia sendiri kena batunya “Open Source Assault Rifle” ini, ketika Kalashnikov Concern kalah berkompetisi di India melawan varian AK produksi Bulgaria, Rumania dan Tiongkok yang lebih murah daripada produksi negara itu sendiri.

BACA JUGA :  Mengenal Senapan Serbu PAR MK3

Sebagai pembanding, penulis mengambil kontrak Venezuela yaitu pembelian AK-103 pada tahun 2012. Untuk diketahui, AK-103 sendiri adalah salah satu varian modern dari AKM yang merupakan turunan AK-47. Perbedaan utama dari AKM adalah penggunaan popor dan handgrip polymer di AK-103 seperti AK-74M, serta popor yang dapat dilipat kesamping (berbeda dengan AKMS dan AKS-47 yang dilipat kebawah). Harga sepucuk senapan serbu AK-103 asli Rusia sendiri terbilang murah, hanya sekitar US$ 540 untuk kontrak 100.000 pucuk Venezuela. Tentu saja harga akan lebih murah apabila membeli dari produsen produsen lain.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here