Wednesday, February 8, 2023
HomeBlog MiliterSSBA (Senapan Serbu Bawah Air) PT Pindad Yang Berbasis APS Rusia

SSBA (Senapan Serbu Bawah Air) PT Pindad Yang Berbasis APS Rusia

HobbyMiliter.com – SSBA (Senapan Serbu Bawah Air) PT Pindad Yang Berbasis APS Rusia. Mengingat pernyataan PT Pindad, pada tahun 2017 direncanakan Industri Alutsista Indonesia ini akan mengeluarkan Senapan Serbu Bawah Air (SSBA). Di bulan Januari yang lalu, PT Pindad sudah merilis prototype pertama SSBA beragam versi kepada media. Walupun sistemnya mengadopsi senjata APS (Avtomat Podvodnyy Spetsialnyy) milik Rusia, tapi SSBA diklaim akan berbasis pada SS-1.

SS bawah air 2

APS diproduksi oleh Tula Arms Plant dan mengacu pada rancangan senapan serbu yang melegenda AK-47. APS yang diluncurkan di tahun 1970 ini tak mengusung kaliber 7,62 mm, tetapi menggunakan kaliber 5,56 mm. Mengingat perannya yang khusus, yaitu penembakan di bawah air, maka amunis APS memiliki model khusus, menggunakan kaliber 5,56 x 39 mm dengan model peluru memanjang serta meruncing, oleh Kopaska (Komando Pasukan Katak) amunisi ini biasa disebut dengan peluru paku. Model amunisi yang seperti itu merupakan kewajiban bagi serangan di bawah air, karena kerapatan air yang lebih besar dari kerapatan udara. Amunisi yang panjang serta runcing dapat melesat jauh lebih baik dan tepat sasaran di dalam air.

1 COMMENT

  1. Salut tapi telat, napa ga reverse enginering ADS, bisa under water ato permukaan tinggal ganti ammo reguler kalo mau di darat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

SeranganUdaraRussiavsISIL_01Okt2015

Serangan udara Russia menghancurkan Markas ISIL di Suriah

0
HobbyMiliter.com - Dalam waktu semalam angkatan udara russia berhasil menghancurkan sebuah markas ISIL dan depot senjata di daerah idlib, suriah dalam serangkaian serangan udara yang...

Recent Comments