Korea Selatan Akan Membeli Dua Unit Pesawat Peringatan Dini Peace Eye

0
515
ROKAF E-737 Peace Eye
Ilustrasi Pesawat Peringatan Dini milik Angkatan Udara Korea Selatan, E-737 Peace Eye. Sumber : janes.com

HobbyMiliter.com – Korea Selatan akan kembali membeli 2 unit pesawat peringatan dini Boeing E-737 AEW&C untuk menambah kekuatan yang sebelumnya hanya 4 unit pesawat. Demikian dilaporkan media nasional di Korea, 9 Oktober lalu.

Sumber anonim di dalam lingkungan Angkatan Udara Korea Selatan, seperti dikutip kantor berita Yonhap telah meng konfirmasi adanya rencana pemerintah Korea Selatan untuk membeli lagi 2 unit pesawat Boeing E-737 AEW&C yang dinamai Peace Eye.

Program Peace Eye dimulai pada tahun 2006 oleh pemerintah Korea Selatan untuk memberikan kemampuan deteksi ancaman dan peringatan dini. Diharapkan hadirnya pesawat tersebut dapat meng-cover keseluruhan daerah Semenanjung Korea serta sebagian wilayah sengketa antara Korea Selatan dengan China dan Jepang. Pengiriman pesawat pertama dilaksanakan pada Oktober 2012.

BACA JUGA :  Tank T-90A Rusia Lakukan Debut Pertempuran Di Suriah

Pesawat E-737 AEW&C dibuat dan diperlengkapi dengan sistem radar Multirole Electronically Scanned Array atau MESA yang ditempatkan pada bagian bawah Fuselage belakang pesawat. Sistem radar MESA besutan Northrop Grumman ini mampu melakukan deteksi 360 derajat horizontal dengan jarak jangkau deteksi maksimal 174 Nautikal Mil untuk target udara dan 130 Nautikal Mil untuk target permukaan sekelas kapal patroli. Pesawat ini di awaki oleh 2 orang penerbang dan operator sistem radar sebanyak 6 hingga 10 orang.

Korea Selatan telah memiliki sebanyak 4 unit pesawat peringatan dini E-737 ini. Kehadiran 2 unit tambahan ini akan semakin memperkuat dan memperluas jangkauan deteksi sistem peringatan dini milik Angkatan Udara Korea Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here