Jepang Siapkan 240 Milyar Dollar AS Untuk Anggaran Pertahanan

0
402
Jepang Siapkan 240 Milyar Dollar AS Untuk Anggaran Pertahanan
Jepang Siapkan 240 Milyar Dollar AS Untuk Anggaran Pertahanan. Ilustrasi JS Izumo, Kapal Angkut Helikopter Milik JMSDF Yang Akan Dikonversi Menjadi Kapal Induk. Sumber : jane's / JMSDF

HobbyMiliter.com – Jepang Siapkan 240 Milyar Dollar AS Untuk Anggaran Pertahanan. Pemerintah Jepang yang dipimpin oleh perdana menteri Shinzo Abe dikabarkan telah mengesahkan rencana anggaran pertahanan dan keamanan negara sebesar 24,47 Trilyun Yen. Besaran anggaran tersebut akan digunakan untuk keperluan pertahanan dan keamanan negara selama lima tahun kedepan. Besaran anggaran tersebut jika diubah kedalam kurs mata uang Dollar AS akan menghasilkan angka sebesar 240 Milyar Dollar AS. Masa pakai anggaran pertahanan ini akan dimulai dari tahun fiskal 2019 dan akan berakhir pada tahun fiskal 2023. Meski demikian, pemerintah Jepang juga mengaku berharap bahwa anggaran tersebut dapat dihemat hingga sebesar 1,97 Trilyun Yen melalui skema pemotongan biaya atau cost cutting measure. Anggaran pertahanan tersebut disahkan pada hari Selasa, tanggal 18 Desember 2018 waktu setempat.

Dalam rencananya, kabinet pimpinan perdana menteri Shinzo Abe tersebut akan menggunakan anggaran pertahanan tersebut untuk berbagai program, salah satu diantaranya yang mengundang kontroversi dunia internasional adalah rencana negara matahari terbit itu untuk meng-konversi atau mengubah kapal perusak-angkut helikopter kelas Izumo menjadi kapal “perusak multi-peran” atau “multi-purpose destroyer“. Nama kapal perang perusak multi-peran tersebut sejatinya hanya nama politik yang diberikan Jepang karena kedua kapal kelas Izumo yang dimilikinya tersebut akan diberikan peningkatan kemampuan untuk dapat mengangkut dan mengoperasikan pesawat jet tempur F-35 B dengan kemampuan lepas landas pada jarak pendek dan mendarat vertikal atau Short Take-Off and Vertical Landing (STOVL). Ini dapat membuat negeri matahari terbit tersebut secara tidak langsung mengubah kedua kapal tersebut menjadi kapal induk.

Dalam rencana upgrade kemampuan kapal perang kelas Izumo tersebut, rencananya, sebanyak 42 unit pesawat jet tempur F-35B akan dibeli untuk memperkuat kapal perang yang dioperasikan oleh pasukan bela diri maritim Jepang atau Japan Maritime Self-Defense Force (JMSDF) tersebut. Selain digunakan untuk melaksanakan proses upgrade atau konversi terhadap dua unit kapal perang kelas Izumo tersebut, anggaran pertahanan Jepang nantinya juga akan digunakan untuk memperkuat kemampuan dan ketahanan negara Jepang pada tiga bidang pertahanan lainnya, yakni peperangan elektronik atau Electronic Warfare (EW), pertahanan siber atau Cyber Defense, serta pertahanan ruang angkasa atau Space Defense. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here