Afghanistan Akan Terima Empat Unit Pesawat Super Tucano

0
429
Super Tucano AU Afghanistan
Pesawat Super Tucano Milik Angkatan Udara Afghanistan. Sumber : janes.com

HobbyMiliter.com – Afghanistan Akan Terima Empat Unit Pesawat Super Tucano. Angkatan Udara Afghanistan akan kembali mendapatkan pesawat Counter Insurgency atau COIN jenis Super Tucano. Demikian seperti dirilis oleh Angkatan Udara Amerika Serikat pada 7 Oktober lalu. Unit ini akan ditambahkan pada kontrak pemesanan awal yang disetujui yakni sebelumnya 20 unit yang dimenangkan oleh perusahaan Sierra Nevada Company.

Pesawat tambahan akan di kirimkan dalam kurun waktu 18 hingga 20 bulan sejak penandatanganan kontrak. Sebuah pengumuman bagi pihak – pihak yang tertarik untuk mengikuti proses tender menyatakan bahwa pihak yang tertarik harus merespon pengumuman tersebut dengan mendaftar hingga tanggal 27 Oktober 2016. Namun, sekalipun banyak produsen akan mengikuti proses tender, besar kemungkinan bahwa pihak Sierra Nevada Company akan kembali memproduksi pesawat ini dengan bekerjasama dengan Embraer Defense & Security.

Ditenagai dengan satu unit mesin turboprop Pratt & Whitney PT6A-68/3 dengan daya yang dihasilkan sebesar 1.600 SHP, menjadikan Super Tucano mampu bertahan selama 7 jam diudara. Adapun persenjataan yang dibawa pesawat ini yakni 2 pucuk senapan mesin kaliber 12,7 milimeter dengan tempat peluru yang berisi 200 munisi, yang diletakkan di bagian depan sayap. Selain itu Super Tucano memiliki beberapa konfigurasi senjata yang dapat dipasang pada bagian bawah sayap. Mulai dari pod peluncur roket, munisi atau bom pintar, bom standar seberat 1,5 ton, dan atau meriam kaliber 20 milimeter yang ditempatkan dalam pod khusus..

Saat ini, Angkatan Udara Afghanistan sedang menjalani masa proses pengiriman 20 unit A-29 Super Tucano ke pemerintah yang beberapa waktu lalu telah dikirimkan sebanyak 4 unit pertama dari 20 unit pesanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here