China Pasangkan Modul Anjungan Untuk Kapal Induk Terbarunya

0
1231
Kapal Induk Type 001A
Kapal Induk Type 001A "CV-17" dalam proses pembangunan. Sumber : Formil / Istimewa.

HobbyMiliter.com – Kapal induk Type 001A “CV17” yang merupakan kapal induk pertama buatan dalam negeri China pada awal Oktober ini mencapai titik capaian baru dalam pembangunan nya. Modul anjungan yang dibuat terpisah, kini tampak telah dipasangkan ke modul badan kapal.

Sejak 2014, China telah membangun kapal induk “CV-17” di galangan kapal Dalian Shipbuilding Industry. Keseluruhan tampilan fisik Type 001A mengikuti desain kapal kelas Liaoning (Ex-Varyag). Namun, ada beberapa perubahan yang dapat diamati secara kasat mata. Diantaranya, bobot benaman yang lebih besar, sistem sensor yang baru, serta penyimpanan pesawat yang lebih dioptimalkan.

Diletakkan di bagian kanan kapal, modul anjungan meng akomodir bagian anjungan, dan pusat kendali penerbangan bersama radar dan sensor deteksi milik kapal tersebut. Modul anjungan yang secara fisik sangat mirip dengan modul anjungan kapal induk  Liaoning ini, memiliki sensor dan sistem deteksi yang lebih baik daripada apa yang terdapat di Liaoning. Contohnya, Liaoning memiliki radar deteksi berteknologi AESA Type 346 yang juga ditemukan di kapal perang kelas perusak Type 052C. Sementara kapal “CV-17” akan diperlengkapi dengan radar deteksi berteknologi AESA Type 346A yang lebih baru yang dapat mengendalikan penerbangan pesawat tempur berbasis kapal induk J-15 dan dapat mendeteksi kedatangan pesawat musuh dan rudal musuh.

Kapal Induk Type 001A “CV-17” ditargetkan dapat beroperasi pada 2017 mendatang. Selain Type 001A, akan dibuat beberapa kapal induk lagi untuk memperkuat armada Angkatan Laut China atau PLA-N. Dengan hadirnya kapal induk ini menemani kapal induk sebelumnya, Liaoning tentu kemampuan aviasi Angkatan Laut dan proyeksi kekuatan Angkatan Laut China akan semakin meningkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here