Wednesday, January 19, 2022
HomeTurki Bangun Pangkalan Militer Pertama Di Afrika

Turki Bangun Pangkalan Militer Pertama Di Afrika

Hobbymiliter.com – Ankara baru saja memulai proyek untuk membangun pangkalan militer di Somalia untuk melatih pasukan dari berbagai negara Afrika untuk memerangi kelompok teroris al-Shabab, sayap kelompok yang masih berhubungan erat dengan al-Qaeda di Timur Tengah.

Dalam sebuah laporan pada hari Senin (18/1) kemarin, koran Turki, Daily Sabah mengutip sumber internal militer yang mengatakan bahwa berdasarkan kesepakatan bersama antara pemerintah Turki dan Somalia, 1500 angkatan bersenjatan Somalia akan dilatih oleh 200 perwira militer Turki di pangkalan militer yang akan ditempatkan di sekitar ibukota negara Mogadishu.

BACA JUGA :  Demi Su-35, Indonesia Utang US$ 850 Juta

Emil Tekin, seorang pejabat dari Departemen Luar Negeri Turki mengatakan pada minggu lalu bahwa “pusat pelatihan militer ini akan menjadi pangkalan yang berperan penting dalam memberi pelatihan militer kepada seluruh Afrika.”

Parade tank Turki melewati potret gambar Mustafa Kemal Ataturk. Sumber: banadirpost.com

Tekin menambahkan bahwa angkatan bersenjata Turki juga berencana membangun sekolah akademi militer di Somalia untuk melatih prajurit.

Sejak tahun 2006, Somalia banyak mengalami pertempuran mengerikan antara pasukan pemerintah dengan militan al-Shabab, yang mengklaim pihaknya bertujuan untuk menggulingkan pemerintah negara miskin di Afrika tersebut.

Militan al-Shabab telah dipukul mundur dari daerah Mogadishu dan beberapa kota besar lainnya di Somalia, berkat gabungan prajurit pemerintah dan tentara Misi Uni Afrika di Somalia (AMISOM), yang terbentuk dari gabungan prajurit Uganda, Ethiopia, Burundi, Djibouti, Kenya, dan Sierra Leone.

BACA JUGA :  Hawk Mk. 53 Skadron Udara 15 TNI AU

Desember 2015, Turki mengumumkan rencana mereka untuk membangun pangkalan militer luar negeri pertama di Qatar setelah kedua negara menandatangani kerjasama. Pangkalan ini diperkirakan akan mampu mengakomodasi sekitar 3000 orang prajurit.

Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.com Simak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

TNI AL Rencanakan Lepas Meriam Utama KRI Slamet Riyadi 352 Untuk Dijadikan Simulator

TNI AL Rencanakan Lepas Meriam Utama KRI Slamet Riyadi 352 Untuk...

2
TNI AL Rencanakan Lepas Meriam Utama KRI Slamet Riyadi 352 Untuk Dijadikan Simulator - HobbyMiliter.com - Tentara Nasional Indonesia - Angkatan Laut dikabarkan hendak...

Recent Comments