Tuduh Rusia Langgar Traktat Senjata Rudal, AS Minta Bertemu Dengan Moskow

0
2613
73-as-serukan-pertemuan-dengan-rusia-bahas-pelanggaran-traktat-rudal
Rudal Iskander-M Rusia yang disebut-sebut sebagai sumber kekhawatiran AS. Sumber: Strategic Defense

Hobbymiliter.com – Amerika Serikat menyerukan kepada Rusia untuk bertemu sesegera mungkin demi membahas tuduhan pelanggaran perjanjian pengendalian senjata yang pernah mereka setujui pada era Perang Dingin. Washington menilai Moskow sudah berada diluar batas yang telah ditentukan.

Pertemuan tersebut akan dilangsungkan oleh Special Verification Commission (SVC) dan dijadwalkan sesegera mungkin. AS ingin fokus membahas traktat bertajuk Intermediate-range Nuclear Forces (INF) yang pernah mereka tandatangani bersama Uni Soviet di tahun 1987.

Diketahui, traktat tersebut melarang kegiatan ujicoba, produksi, dan kepemilikan senjata rudal jelajah darat dengan jarak tempuh 500-5500 kilometer. Perjanjian ini sempat memaksa negara-negara Eropa untuk membongkar kelas rudal jelajah mereka. AS dan Uni Soviet saat itu juga setuju untuk membentuk Special Verification Commission demi mengawasi sikap negara-negara di dunia soal penggunaan rudal jelajah jarak menengah. Traktat ini pulalah yang mendinginkan suasana antara Blok Barat dan Blok Timur.

Dua tahun silam, Amerika Serikat menuduh Rusia melanggar traktat tersebut karena mengembangkan sistem rudal yang dilarang dalam INF. Moskow menolak tuduhan tersebut, dan balik mengacungkan jarinya ke arah Washington sembari berkata bahwa Amerikalah yang sudah melanggar INF karena memasang sistem rudal di negara-negara Eropa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here