Sistem Rudal Pertahanan Pantai Bastion-P Terlihat Di Dekat Moscow

0
2276
Bastion-P coastal defense system in Stroika Station
Jajaran kendaraan peluncur rudal sistem pertahanan pantai Bastion-P yang diangkut kereta api, terlihat di stasiun Stroika, di dekat wilayah ibukota Rusia, Moskow. Sumber : defence-blog.com

HobbyMiliter.com – Sistem rudal pertahanan pantai K-300P Bastion-P tertangkap kamera sedang diangkut menggunakan kereta di stasiun Stroika di wilayah Moscow. Sistem rudal pertahanan pantai ini di kalangan militer Barat sering disebut sebagai SSC-5 Stooge.

Bastion-P telah memasuki masa dinas aktif dalam Angkatan Bersenjata Rusia. Tiga unit sistem pertama dikirimkan pada militer Rusia di tahun 2010. Sistem ini kemudian ditempatkan di Armada Laut Hitam atau Black Sea Fleet. Tiga unit sistem lainnya dibagi untuk penempatan nya, 1 sistem kembali ditaruh di Armada Laut Hitam Rusia, sementara 2 lainnya ditaruh di Armada Utara Rusia. Selain Rusia, tercatat sistem rudal pertahanan pantai ini di ekspor ke dua negara yakni Suriah sebanyak 2 sistem, dan Vietnam sebanyak 2 sistem.

BACA JUGA :  India Setujui Pengiriman Rudal Jelajah BrahMos Ke Perbatasan Tiongkok

Fungsi utama sistem rudal pertahanan pantai Bastion-P adalah untuk menghadapi ancaman dari berbagai kapal perang kombatan permukaan milik musuh. Rudal Onyx yang merupakan munisi utama dari sistem ini dapat menghajar sasaran berupa Gugus Tempur Kapal Induk, konvoi kapal perang, atau bahkan kapal pendarat pasukan amfibi. Pada beberapa kasus, rudal yang ditembakkan dari sistem ini juga dapat mengenai target diam yang ada di permukaan laut, seperti misalnya mercusuar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here