Friday, January 28, 2022
HomeIndo Defence 2016 : Mock Up Tank Boat Ditampilkan

Indo Defence 2016 : Mock Up Tank Boat Ditampilkan

HobbyMiliter.com – Grup perusahaan yang terdiri dari tiga perusahaan, PT. Lundin, PT. PINDAD, dan CMI Defence menampilkan model skala 1:1 dari konsep Tank Boat pada gelaran indo Defence 2016. Model skala 1:1 ini dibuat untuk lebih menunjukkan bagamana nantinya wujud konsep alutsista yang dikembangkan oleh ketiga perusahaan tersebut. Selain menunjukkan wujud dari konsep Tank Boat, mock up skala 1:1 ini juga dibuat untuk meningkatkan ketertarikan banyak pihak baik dari dalam maupun luar negeri.
Sebelumnya, pada acara Indo Defence 2014, telah diperkenalkan model konsep dari Tank Boat ini, oleh PT Lundin. Namun, model yang dibawa hanya sebatas model dengan skala kecil, bukan skala 1:1. Adapun panjang model ini yakni 18 meter.

BACA JUGA :  P-3C Orion Angkatan Bersenjata Jerman

Namun demikian, sampai saat ini belum ada kontrak untuk pembuatan prototype ataupun unit produksi yang diberikan oleh Kementerian Pertahanan RI. PT. Pindad dibawa ke dalam kolaborasi bersama PT Lundin dan CMI Defence pada awal tahun ini untuk menangani sistem senjata yang terpasang di Tank Boat nantinya.

Konsep Tank Boat sebagai kapal bantuan tembakan ini dipersenjatai dengan sistem kubah dengan senjata meriam utama kaliber 105 milimeter Cockerill besutan CMI Defence. Selain itu diatas kubah senjata juga dipasangkan senapan mesin sebagai senjata sekunder. Kendati sudah menampilkan mock up, masih ada beberapa hal yang harus dipelajari dan dipahami sebelum diputuskan dibangunnya prototype atau tidak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Penandatanganan penyerahan kota Solo dan Pacitan dari Belanda ke pasukan Republik di Stadion Solo 12 November 1949. Belanda diwakili oleh Kolonel van Ohl dan Republik Indonesia diwakili oleh Letnan Kolonel Slamet Rijadi. Tampak Mayor Jendral Mollinger dibelakang keduanya. Letkol Slamet Rijadi sebelumnya memimpin Serangan Umum Surakarta melawan pasukan Kol. van Ohl, 7-10 Agustus 1949.

Kisah Slamet Riyadi, Pahlawan Nasional dari Solo

0
HobbyMiliter.com - Slamet Riyadi, Pahlawan Nasional dari Solo. Dalam kegiatan Operasi Senopati untuk menumpas pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS) tahun 1950, Letnan Kolonel Slamet...

Recent Comments