AS Setujui Penjualan Jet F-15QA Untuk Qatar

0
986
Ilustrasi F-15 SA
Ilustrasi pesawat jet tempur F-15SA, milik AU Arab Saudi, sebanyak 72 unit pesawat F-15QA telah diakuisisi oleh Qatar dalam kontrak senilai 21,1 Miliar Dollar AS. Sumber : xairforces.net

HobbyMiliter.com – Departemen Luar Negeri Amerika Serikat menyetujui penjualan 72 unit pesawat jet tempur F-15QA untuk pemerintah Qatar. Pengumuman ini disampaikan secara resmi dalam situs dsca.mil milik lembaga Defense Security Cooperation Agency yang berada dibawah kendali Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Pengumuman tersebut disampaikan pada 17 November 2016.

Pemerintah Amerika Serikat menyetujui kontrak senilai 21,1 Miliar Dollar AS dengan kebijakan Foreign Military Sales. Tidak hanya unit pesawat, kontrak juga mencakup paket senjata, pelatihan pilot, pelatihan awak darat (Ground Support Crew), suku cadang dan peralatan untuk perawatan pesawat.

Nantinya, unit – unit pesawat jet tempur tersebut akan digunakan oleh Angkatan Udara Qatar. Menurut keterangan dari situs resmi dsca.mil, penjualan ini tidak akan mempengaruhi keseimbangan kekuatan militer di kawasan Timur Tengah. Pesawat jet tempur F-15QA akan menjadi varian baru F-15 setelah sebelumnya beberapa negara sudah mengoperasikan F-15. Beberapa negara yang telah menggunakan pesawat jet tempur F-15 yakni, Amerika Serikat, Singapura, Jepang, Korea Selatan, dan Arab Saudi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here