Thursday, August 13, 2020
Home Alutsista Kapal Perang DSME Terima Kontrak Produksi Kapal Penyelamat Kapal Selam ASR-II

DSME Terima Kontrak Produksi Kapal Penyelamat Kapal Selam ASR-II

DSME Terima Kontrak Produksi Kapal Penyelamat Kapal Selam ASR-II – HobbyMiliter.com – Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering atau biasa disingkat DSME, galangan kapal asal Korea Selatan dikabarkan telah menerima kontrak untuk memproduksi sebuah kapal perang dari jenis Submarine Rescue Ship atau Auxiliary Submarine Rescue atau disingkat ASR. Kontrak merupakan pesanan dari pemerintah Korea Selatan, nantinya kapal perang ini akan memperkuat Angkatan Laut Korea Selatan atau Republic of Korea Navy (ROKN).

Mengutip informasi dari kantor berita Yonhap News Agency, kontrak untuk pengadaan kapal perang ini bernilai 444 Milyar Won Korea. Nilai kontrak tersebut setara dengan 397 Juta Dollar AS. Pihak perusahaan galangan kapal Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering atau biasa disingkat DSME juga telah mengumumkan informasi terkait diberikannya kontrak untuk pengadaan kapal perang yang mampu untuk melaksanakan misi penyelamatan terhadap awak kapal selam.

BACA JUGA :  Foto Satelit: Kapal Induk China Ke 3 Dibangun, Jauh Lebih Besar Dari Liaoning

Rencananya, kapal dengan bobot 5.200 ton tersebut akan mulai dikirimkan kepada Angkatan Laut Korea Selatan. Kontrak pengadaan atas kapal penyelamat kapal selam tersebut ditandatangani oleh pihak perusahaan galangan kapal Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering atau biasa disingkat DSME, dengan pihak Defense Acquisition Program Administration (DAPA) selaku lembaga yang mengurusi proyek – proyek riset dan pengadaan untuk angkatan bersenjata Korea Selatan.

Dalam rilis resminya, Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering atau biasa disingkat DSME, galangan kapal asal Korea Selatan tersebut menampilkan sebuah desain kapal Auxiliary Submarine Rescue atau ASR-II yang memiliki dek untuk pendaratan helikopter.

BACA JUGA :  Kabupaten Rokan Hilir Siap Resmikan Kodim Baru

Nantinya, kapal ini akan diperlengkapi dengan sebuah kolam yang berada di bagian tengah kapal dan memungkinkan kendaraan bawah air Deep-Sea Rescue Vessel (DSRV) untuk melaksanakan operasi penyelamatan terhadap awak kapal selam yang terjebak dalam kapal selam mereka.

Kapal ASR-II ini mampu melaksanakan operasi penyelamatan awak kapal selam yang terjebak pada kedalaman hingga 500 meter dibawah permukaan air dan dalam kondisi gelombang setinggi 4 meter.

Kapal ini sanggup melaju hingga kecepatan 20 knot. Saat ini, Angkatan Laut Korea Selatan atau Republic Of Korea Navy (ROKN) tercatat mengoperasikan dua unit kapal perang dari jenis kapal penyelamat multi-purpose. Kapal – kapal tersebut yakni ROKS Cheonghaejin dan ROKS Tongyeong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ngeteng, Cara Angkatan Udara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF

Beli Ngeteng, Cara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF - HobbyMiliter.com. Dalam diskusi diskusi di forum forum militer online maupun di grup grup militer di Facebook,...

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia - HobbyMiliter.com - Meski telah jutaan tahun membalut Bumi, belum seluruh bagian atmosfer bisa...

Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an

Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an - HobbyMiliter.com. Perang Soviet di Afghanistan berlangsung selama lebih dari sembilan tahun....

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet - HobbyMiliter.com. Pada saat persiapan operasi Trikora dalam rangka perebutan Irian Barat (sekarang Provinsi...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua