F-35 JSF Tampak depan
F-35 JSF Tampak depan. Dengan singkatnya rentang waktu menjelang pensiunnya jet tempur Tornado, pemerintah Jerman akhirnya menyatakan ketertarikannya pada Jet Tempur Siluman F-35 Lightning II JSF.Sumber : Lockheed Martin

HobbyMiliter.com –¬†Jerman Tertarik Mengganti Jet Tempur Tornado Dengan F-35 JSF.¬†Jerman sedang mencari pengganti jet tempur Panavia Tornado yang rencananya akan mulai dipensiunkan secara bertahap pada tahun 2025 hingga 2030 mendatang. Angkatan Udara Jerman, Luftwaffe telah memiliki daftar pendek terkait siapa pesawat yang akan menggantikan peranan jet tempur Panavia Tornado yang akan pensiun tersebut.

Desas – desus yang beredar menyatakan bahwa Jerman tertarik dengan F-35 Lightning II Joint Strike Fighter atau JSF. AU Jerman kabarnya juga telah menempatkan F-35 dalam posisi “preferred choice” alias pesawat yang diinginkan atau disarankan kepada pemerintah Jerman. Rumor ini menyebar luas setelah seorang pejabat senior dalam lingkup dalam negeri Jerman membuat serangkaian pernyataan yang menyebut bahwa F-35 JSF menjadi kandidat “yang disarankan” oleh AU Jerman kepada pemerintah Jerman.

Baca juga :   China Pasangkan Modul Anjungan Untuk Kapal Induk Terbarunya

Sang pejabat tersebut berbicara dibawah ketentuan Chatham House Rule, sebuah ketentuan dimana jika suatu pertemuan, diskusi, dan atau debat diadakan dibawah ketentuan Chatham House Rule maka setiap orang yang datang ke pertemuan, diskusi, dan atau debat tersebut dapat menggunakan informasi tersebut secara bebas dan dapat menyebarkannya ke khalayak luas, tetapi ia tidak diperbolehkan untuk menyebut identitas si pembuat atau si pemilik informasi, serta partisipan lain yang hadir dalam kegiatan diskusi tersebut.

Dalam keterangannya ia menyebut bahwa F-35 JSF telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh AU Jerman atau Luftwaffe. Beberapa persyaratan tersebut yakni pengganti pesawat jet tempur Tornado haruslah sebuah pesawat jet tempur generasi ke-lima yang paling sulit untuk dideteksi dan harus dapat mendeteksi target sejauh mungkin dan mampu mengunci sasaran sesegera mungkin setelah dideteksi oleh instrumen radar untuk kemudian ditembak jatuh dari ‘jarak aman’

Baca juga :   Duterte Akan Adakan Latihan Militer Gabungan Bersama Tiongkok dan Rusia

Sumber istimewa tersebut juga menyatakan bahwa saat ini kementerian pertahanan Jerman sedang ‘melihat – lihat’ beberapa pesawat yang tersedia hari – hari ini. Pilihan jatuh kepada F-35 JSF karena dalam pandangan mereka pesawat tersebut merupakan pesawat generasi kelima yang paling ‘mature‘ dan telah tersedia di pasaran secara komersil, telah mulai bertugas di berbagai negara dan juga dipesan oleh banyak negara lainnya.

Jangan lupa isi form komentar di bawah
ARTIKEL MENARIK LAINNYA UNTUK ANDA