Thursday, December 1, 2022
HomePenerbangan Perdana AgustaWestland AW101 TNI AU

Penerbangan Perdana AgustaWestland AW101 TNI AU

Pembelian helikopter AgustaWestland AW101 ini cukup menarik. Awalnya helikopter ini diajukan sebagai helikopter kepresidenan untuk menggantikan helikopter AS332 Super Puma  VVIP yang saat ini dioperasikan oleh Skadron Udara 45. Namun, pada perkembangannya, pesawat yang sempat diistilahkan media sebagai Helikopter Jokowi ini dibatalkan pembeliannya oleh Presiden sendiri karena adanya penolakan dari masyarakat ketika digulirkan isunya. Termasuk dari PT Dirgantara Indonesia. Penolakan pembelian Helikopter kepresidenan tersebut didasari fakta bahwa heli buatan Inggris dan Italia seharga 55 juta dollar Amerika Serikat atau setara Rp 761,2 miliar per unit itu dinilai terlalu mahal dan tak sesuai kondisi keuangan negara saat ini dan helikopter kepresidenan saat ini, AS-332 Superpuma masih dianggap layak untuk dipergunakan walaupun umurnya sudah 13 tahun.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

F-35B Ligtning II, F-35 Turki adalah F-35A

Menlu Turki: F-35 Turki Pertama Akan Dikirim Juni

0
Menlu Turki: F-35 Turki Pertama Akan Dikirim Juni - HobbyMiliter.com. Turki sedang menunggu pengiriman perdana pesawat tempur generasi kelima F-35 Lightning II di bulan...

Recent Comments