Tuesday, March 19, 2024
HomeBlog MiliterMengenal Robot Penyelam (ROV)

Mengenal Robot Penyelam (ROV)

HobbyMiliter.com – Mengenal Robot Penyelam (ROV). Kapal riset milik Badan Penerangan dan Penerapan Teknologi (BPPT), Baruna Jaya I (BJ1)  menjadi perhatian ketika ikut dalam proses evakuasi korban pesawat Airasia. Kapal ini memliki beragam alat seperti multibeam echo sounder yang mampu melacak benda di bawah permukaan. Disamping itu, ada juga sonar, serta magnetometer yang berfungsi membedakan benda logam dengan gundukan biasa.
ROV 2

Ridwan Djamaluddin, Deputi Kepala BPPT Devisi Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam mengatakan semua itu berkat komponen yang mutakhir, di hari pertama Baruna Jaya I sudah mendeteksi objek yang memiliki tinggi sekitar 3 meter di dasar laut. Demi melancarkan misi pencarian serta evakuasi, kapal menggunakan Remotely Operated Vehicle (ROV). Dengan adanya ROV, Baruna Jaya mampu melakukan pencarian lebih jeli serta mempercepat proses evakuasi pesawat AirAsia bernomor QZ 8501.

BACA JUGA :  Radio Compass, Penuntun Navigasi Pesawat Terbang

ROV merupakan sejenis kendaraan penyelam yang dikontrol menggunakan remote control jarak jauh, pada umumnya digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan dasar laut. Contohnya seperti dokumentasi, eksplorasi laut, penanggulangan, pencarian, penyelidikan serta misi penyelamatan (SAR), pengeboran tambang, penggalian atau penguburan kabel dan lain-lain. ROV juga memiliki lampu serta kamera video, sehingga dapat memantau dengan jelas serta mendokumentasikan bawah air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

66-rusia-buka-kemungkinan-pemerintah-federal-suriah

Rusia Buka Kemungkinan Suriah Menjadi Negara Federal

0
Hobbymiliter.com - Rusia menyarankan bahwa konsep pemerintahan federal mungkin cocok untuk diterapkan kepada Suriah demi mempertahankan kedaulatan dan kesatuan negaranya. “Jika diadakan perbincangan, konsultasi, dan...

Recent Comments