Friday, July 3, 2020
Home Penerbangan Perdana AgustaWestland AW101 TNI AU

Penerbangan Perdana AgustaWestland AW101 TNI AU

HobbyMiliter.com – Penerbangan Perdana AW101 TNI AU. Tanpa gembar gembor, Leonardo Helicopter atau yang juga dikenal sebagai AgustaWestland melakukan penerbangan perdana AgustaWestand AW101 dengan warna dan marking TNI AU. Fotografer Aviasi Rich Pittman mengambil gambar penerbangan perdana AgustaWestland AW101 TNI AU tersebut di fasilitas perakitan Leonardo Helicopter di Yeovil, Inggris.

https://twitter.com/RotorRich78/status/810878798958919680

Sebelumnya, pada tanggal 28 November 2016, seorang spotter lokal melaporkan penampakan AgustaWestland AW101 TNI AU tersebut diluar fasilitas Yeovil dalam kondisi setengah jadi. Helikopter AW101 pesanan Indonesia tersebut sedang ditarik dari flight hangar ke ujung barat fasilitas dalam keadaan tanpa rotor dan banyak part yang belum diinstall.

BACA JUGA :  Pesawat Tanker KC-130B TNI AU Selesai Jalani Retrofit, Siap Bertugas Kembali

Hingga saat ini masih belum diketahui helikopter AgustaWestland ini akan menggunakan nomer registrasi apa. Dalam laporan spotter lokal hanya disebutkan baahwa helikopter ini menggunakan warna camo Gloss Green/Green/Brown dan dimarking roundel segilima serta tulisan TNI AU dengan tipe hi-viz (high visibility). Dari foto Rich Pitmann tampaknya AgustaWestland AW101 TNI AU ini menggunakan warna yang sama dengan yang digunakan oleh helikopter Super Puma Skadron Udara 6 Atang Senjaya.

Pembelian helikopter AgustaWestland AW101 ini cukup menarik. Awalnya helikopter ini diajukan sebagai helikopter kepresidenan untuk menggantikan helikopter AS332 Super Puma  VVIP yang saat ini dioperasikan oleh Skadron Udara 45. Namun, pada perkembangannya, pesawat yang sempat diistilahkan media sebagai Helikopter Jokowi ini dibatalkan pembeliannya oleh Presiden sendiri karena adanya penolakan dari masyarakat ketika digulirkan isunya. Termasuk dari PT Dirgantara Indonesia. Penolakan pembelian Helikopter kepresidenan tersebut didasari fakta bahwa heli buatan Inggris dan Italia seharga 55 juta dollar Amerika Serikat atau setara Rp 761,2 miliar per unit itu dinilai terlalu mahal dan tak sesuai kondisi keuangan negara saat ini dan helikopter kepresidenan saat ini, AS-332 Superpuma masih dianggap layak untuk dipergunakan walaupun umurnya sudah 13 tahun.

BACA JUGA :  Pasukan Komando Elit AS Akan Bergabung Dalam Misi Pelenyapan Kim Jong Un

Adanya isu ini sempat membuat hubungan PTDI dan TNI AU memanas, karena PT DI merasa seharusnya TNI AU memprioritaskan industri lokal dalam pengadaannya dan TNI AU merasa pelayanan PT DI tidak maksimal, terutama masalah keterlambatan pengiriman pesanan di masa sebelumnya.

Tampaknya, dengan adanya bukti foto ini, pesanan TNI AU ke AgustaWestland ini dilanjutkan, hanya saja bukan untuk kepentingan helikopter kepresidenan.

AgustaWestland AW101 merupakan helikopter angkut militer yang sudah digunakan di beberapa negara.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Sejarah Insiden Bawean: Aksi Koboi F/A-18 US Navy di Atas Laut Jawa

Sejarah Insiden Bawean: Aksi Koboi F/A-18 US Navy di Atas Laut Jawa - HobbyMiliter.com. Aksi koboi udara Amerika Serikat pernah terjadi tanggal 3 Juli 2003...

Modifikasi Heli Serang Bell AH-1J, Langkah Iran Merevitalisasi Kekuatan Militer

Modifikasi Heli Serang Bell AH-1J, Langkah Iran Merevitalisasi Kekuatan Militer - HobbyMiliter.com. Seiring meningkatnya ketegangan, menyusul mundurnya Amerika Serikat dari kesepakatan damai yang ditandatangani era...

Mengenal Kawasaki P1 Pesawat Patroli Maritim Baru dari Jepang

Mengenal Kawasaki P1 Pesawat Patroli Maritim Baru dari Jepang - HobbyMiliter.com. Jepang sadar betul posisi dan kondisi geografisnya sebagai negeri kepulauan. Terlebih dalam hubungan dengan...

Foto Foto Kuburan Pesawat Tempur Rusia di Lebyazhye

Menengok Kuburan Pesawat Tempur Rusia di Lebyazhye - HobbyMiliter.com -  Lebyazhye Air Force Base dulunya adalah pangkalan udara militer milik Angkatan Udara Rusia. Pangkalan...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua