Saturday, September 18, 2021
HomeBlog MiliterAbaikan Keberatan Beijing, Perwakilan Pemimpin AS Temui Presiden Taiwan di Texas

Abaikan Keberatan Beijing, Perwakilan Pemimpin AS Temui Presiden Taiwan di Texas

Gubernur Texas Greg Abbott menemui Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di Houston, Texas. Sumber: twitter.com/gregabbott_tx

“Republik Rakyat Tiongkok harus paham bahwa di Amerika, keputusan mengenai penyambutan tamu dirancang khusus untuk kalangan kami sendiri. Ini bukan soal RRT. Ini adalah soal hubungan antara AS dan Taiwan, negara sekutu yang kami wajib bela secara hukum. Tiongkok juga tidak memberi kami kekuatan veto soal pihak-pihak yang mereka temui. Kami akan terus menemui pihak manapun yang kami anggap pantas, termasuk Taiwan,” ungkap Cruz dalam pernyataannya. Namun, sang senator menegaskan bahwa hubungan antara Taiwan dan AS tidak ikut dinegosiasikan.

BACA JUGA :  Pasukan Khusus TNI Siap Tangkap Kelompok Santoso

Hubungan diplomatic antara Tiongkok dan AS mulai memburuk pada Desember 2016 silam setelah Presiden terpilih Donald Trump menghubungi Presiden Tsai Ing-wen lewat telepon. Trump tercatat sebagai Presiden AS pertama yang berbicara dengan pemimpin Taiwan dalam kapasitas kenegaraan, sejak Washington mencabut hubungan kenegaraan dengan Taiwan sebagai konsekuensi atas Kebijakan Satu Tiongkok yang diterapkan Beijing di tahun 1979.

Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

1 COMMENT

  1. Wilayah pasifik semakin memanas pemerintah RI hrs memberikan perkuatan di keduta2an besar di semua negara, dg menyertakan intelejen Indonesia sbg pendamping juga sekaligus sbg mata/telinga pemerintah pusat dan informasi ini akan digunakan utk kebijakan pemerintah utk mensikapi keadaan di dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua