Wednesday, February 8, 2023
HomeBlog MiliterMortir 2S31 Vena (Self Propelled Mortar) Menarik Perhatian Marinir TNI AL

Mortir 2S31 Vena (Self Propelled Mortar) Menarik Perhatian Marinir TNI AL

HobbyMiliter.com – Mortir 2S31 Vena (Self Propelled Mortar) Menarik Perhatian Marinir TNI AL. Pertahanan artileri bergerak merupakan kekhasan dari Korps Marinir saat menggelar operasi, contohnya saja di tahun 60-an adanya BM-14/17, lalu penerusnya RM70 Grad setelah itu terbarunya yaitu RM70 Vampir. Mereka termasuk dalam self propelled MLRS (Multi Launch Rocket System). Lalu bagaimana tentang self propelled gun alias howitzer, sama seperti yang digunakan Armed dari TNI AD? walaupun belum terlihat akan menjadi pengguna self propelled howitzer, tapi kabarnya Korps Baret Ungu juga akan memboyong self propelled mortar system.
Vena 2

Faktanya yang sampai sekarang yang public ketahui adalah mortir merupakan senjata yang berbentuk tabung yang ringkas. Meskipun kita juga mengenal mortir yang diinstal pada platform ranpur, seperti panser Pindad Anoa 6×6 contohnya, tapi wujud asli mortir terlihat sangat jelas, penggunaannya juga tidak berbeda dengan mortir pada umunya. Namun sangat berbeda dengan self propelled mortar system yang mungkin akan memperkuat artileri Marinir ini.

BACA JUGA :  Indonesia Tarik Helikopter Bolkow Dari Tugas Dinas PBB

Jenis mortir yang dimaksud adalah 2S31 Vena. Nampak sekilas 2S31Vena mirip dengan tank standart yang sering kita jumpai. Apabila diteliti lebih seksama di bagian kubahnya yang menggunakan tabung mortir 2A51 gun berkaliber 120 mm. Dikarenakan menggunakan laras mortir, maka laras 2S31 ini lebih tipis dibandingkan howitzer, hal ini berdampak juga pada jarak tembaknya, mortir tak mampu menembak sejauh howitzer. Mortir memiliki laras yang smoothbore serta daya lontar yang lebih lemah (low pressure), maka sangat cocoki sebagai senjata pendukung jarak dekat untuk infanteri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

India Tawarkan Sistem Hanud Akash Pada Vietnam

India Tawarkan Sistem Hanud Akash Pada Vietnam

0
HobbyMiliter.com – India Tawarkan Sistem Hanud Akash Pada Vietnam. India ditengarai sedang melakukan negosiasi dengan Vietnam terkait kemungkinan pembelian sistem senjata pertahanan udara berbasis...

Recent Comments