Wednesday, June 29, 2022
HomeBlog MiliterRusia Mulai Pamerkan Sistem Hanud Khusus Kutub Utara

Rusia Mulai Pamerkan Sistem Hanud Khusus Kutub Utara

HobbyMiliter.com – Rusia Mulai Pamerkan Sistem Hanud Khusus Kutub Utara. Rusia mulai memamerkan unit sistem senjata pertahanan udara yang nantinya akan digunakan khusus untuk kontingen pasukan Rusia yang ditempatkan di Kutub Utara. Adapun unit sistem senjata pertahanan udara yang dipamerkan yakni versi Artik dari sistem senjata pertahanan udara Pantsyr S-1 yang didesain oleh biro desain KBP Instrument Design Beurau serta unit sistem senjata pertahanan udara TOR-M2 besutan perusahaan Almaz-Antey.

HobbyMiliter.com – Rusia Mulai Pamerkan Sistem Hanud Khusus Kutub Utara. Kedua sistem senjata pertahanan udara tersebut dipamerkan dalam sebuah gladi atau latihan untuk acara parade peringatan Victory Day yang biasa dilakukan setiap tanggal 9 Mei. Adapun video cuplikan latihan tersebut ditayangkan oleh televisi Rusia pada tanggal 5 April 2017. Tidak lama kemudian pada 8 April 2017, muncul rilis resmi dari kementerian pertahanan Rusia berupa foto yang menunjukkan adanya dua unit sistem senjata pertahanan udara tersebut yang diberi cat kamuflase artik, dengan warna dominan putih.

BACA JUGA :  Anggaran Militer Naik, TNI pun Bangun Pangkalan Udara Militer di Indonesia Timur

HobbyMiliter.com – Rusia Mulai Pamerkan Sistem Hanud Khusus Kutub Utara. Uniknya, kedua sistem senjata pertahanan udara tersebut dipasangkan pada platform kendaraan pengangkut taktis DT-30 Vityaz. Kabarnya, unit DT-30 Vityaz yang akan digunakan untuk misi kontingen pasukan Rusia di Kutub Utara telah mengalami proses optimalisasi. Kendaraan pengankut taktis segala medan beroda rantai atau All Terrain Tracked Carriers (ATTC, red) DT-30 Vityaz memiliki kemampuan untuk mengangkut beban seberat 30 ton, terdiri dari dua bagian yang disambungkan dengan sistem pengait Articulated yang membuatnya mampu untuk tetap dapat menarik rangkaian kargo meskipun harus melewati berbagai jenis medan mulai dari padang pasir, dataran es, dan jalanan bersalju.

BACA JUGA :  Kisah Misteri Hilangnya KC-135 USAF di Segitiga Bermuda

HobbyMiliter.com – Rusia Mulai Pamerkan Sistem Hanud Khusus Kutub Utara. DT-30 Vityaz ATTC versi khusus Kutub Utara dilengkapi dengan roda rantai yang lebih lebar. Fitur ini memungkinkan kendaraan tersebut untuk dapat berjalan melintasi medan – medan yang tidak dapat dilintasi oleh kendaraan roda ban maupun roda rantai biasa. Hal ini dapat terjadi karena lebar rantai yang ada mengurangi tekanan terhadap tanah (ground pressure,red). Bagian depan dari kendaraan DT-30 Vityaz ini digunakan untuk menampung awak dan sekaligus menampung mesin dan powerpack bagi kendaraan penarik. Sedangkan bagian belakang biasanya digunakan untuk meletakkan kargo. Dalam hal ini, bagian belakang kendaraan DT-30 Vityaz inilah yang digunakan untuk menaruh sistem pertahanan udara Pantsyr S-1 dan TOR-M2 tersebut.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

10-kudeta-militer-turki-erdogan-salahkan-gerakan-spiritual-gulenist

Kudeta Militer Turki: Pemimpin Kudeta Ditangkap, Erdogan Salahkan Gerakan Spiritual Gulenist

0
Hobbymiliter.com - Kolonel Muharrem Kose, mantan petinggi militer di tubuh angkatan bersenjata Turki, disebut sebagai oleh pemimpin percobaan kudeta yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan...

Recent Comments