Thursday, July 9, 2020
Home Rusia Orbitkan Satelit Peringatan Rudal Terbarunya

Rusia Orbitkan Satelit Peringatan Rudal Terbarunya

Hobbymiliter.com – Rusia akan mengorbitkan satelit generasi terbaru keduanya di tahun 2016 yang bertugas mengawasi peluncuran rudal balistik dari seluruh dunia, ujar Kementerian Pertahanan Rusia, seperit dikutip Zveda TV.

EKS-1, satelit ruang angkasa pertama berbasis sistem peringatan rudal balistik terpadu, telah diluncurkan pada akhir tahun 2015 kemarin. Satelit tersebut pada saat ini sedang mengadakan ujicoba orbit dengan bantuan Angkatan Udara Rusia.

Satelit generasi terbaru akan memastikan Rusia untuk mengetahui peluncuran rudal balistik secara lebih cepat dengan cara mendeteksi gas buang mesin mereka melalui spektrum inframerah.

BACA JUGA :  Pesawat Tanker KC-46A Pegasus II US Air Force Sukses Lakukan Ujicoba Penerbangan

20-rusia-orbitkan-satelit-peringatan-rudal-terbaru
Ilustrasi satelit mata-mata Rusia

Stasiun peringatan dini darat versi pertama telah dibangun di daerah Altay, dan telah mendapat persetujuan dari negara bagian tersebut setelah diadakan ujicoba. Jaringan ini akan terkoneksi dengan satelit EKS-1. Stasiun darat untuk satelit serupa akan diperbanyak dan disebar di wilayah Leningrad, Irkutsk, Kaliningrad, dan Krasnodar.

Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu pada Oktober silam mengumumkan bahwa pihaknya telah memulai pengembangan sebuah jaringan terpadu untuk mendeteksi peluncuran rudal balistik. Jaringan ini akan menggantikan sitem peringatan dini yang dibuat pada zaman Uni Soviet. Pihak pertahanan Rusia juga akan mengembangkan satelit terbaru, stasiun pemantauan ruang angkasa, dan jaringan komputer mutakhir.

BACA JUGA :  Turunkan Intensitas Militer di Suriah, Rusia Pulangkan Kapal Induk Laksamana Kuznetsov

Sistem peringatan rudal dini ini dapat mendeteksi peluncuran dari manapun, demikian menurut Kolonel Viktor Tymoshenko, Kepala Staf Pusat Utama Peringatan Rudal, Angkatan Udara Rusia.

Sistem peringatan rudal Rusia disebut dalam mendeteksi setidaknya 12 target rudal dalam sekali waktu.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Kisah Kapal Induk Rusia Admiral Kuznetsov

Kisah Kapal Induk Rusia Admiral Kuznetsov - HobbyMiliter.com. Admiral Kuznetsov saat ini merupakan kapal induk satu satunya milik Rusia. Itupun sebetulnya dalam klasifikasi kapal Angkatan...

EA-18G Growler, Pesawat Tempur Australia Spesialis Peperangan Elektronik

EA-18G Growler, Pesawat Tempur Australia Spesialis Peperangan Elektronik - HobbyMiliter.com. Sudah sejak lama, peperangan elektronik dilakukan oleh manusia. Mulai dari penerjunan pelat pelat logam...

Mengenal AWACS, Radar Terbang Koreografer Pertempuran Udara

Mengenal AWACS, Radar Terbang Koreografer Pertempuran Udara - HobbyMiliter.com. Perang udara semakin kompleks dengan melibatkan kekuatan teknologi maju dan penguasaan informasi. Konsep early warning...

Eurosam SAMP/T MAMBA, Rudal Anti Pesawat Eropa

Eurosam SAMP/T MAMBA, Rudal Anti Pesawat Eropa - HobbyMiliter.com. Dinamisnya pertempuran udara membuat payung udara yang mumpuni tidak bisa hanya mengandalkan eksistensi pesawat tempur...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua