Rusia Orbitkan Satelit Peringatan Rudal Terbarunya

0
2012
20-rusia-orbitkan-satelit-peringatan-rudal-terbaru

Hobbymiliter.com – Rusia akan mengorbitkan satelit generasi terbaru keduanya di tahun 2016 yang bertugas mengawasi peluncuran rudal balistik dari seluruh dunia, ujar Kementerian Pertahanan Rusia, seperit dikutip Zveda TV.

EKS-1, satelit ruang angkasa pertama berbasis sistem peringatan rudal balistik terpadu, telah diluncurkan pada akhir tahun 2015 kemarin. Satelit tersebut pada saat ini sedang mengadakan ujicoba orbit dengan bantuan Angkatan Udara Rusia.

Satelit generasi terbaru akan memastikan Rusia untuk mengetahui peluncuran rudal balistik secara lebih cepat dengan cara mendeteksi gas buang mesin mereka melalui spektrum inframerah.

20-rusia-orbitkan-satelit-peringatan-rudal-terbaru
Ilustrasi satelit mata-mata Rusia

Stasiun peringatan dini darat versi pertama telah dibangun di daerah Altay, dan telah mendapat persetujuan dari negara bagian tersebut setelah diadakan ujicoba. Jaringan ini akan terkoneksi dengan satelit EKS-1. Stasiun darat untuk satelit serupa akan diperbanyak dan disebar di wilayah Leningrad, Irkutsk, Kaliningrad, dan Krasnodar.

Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu pada Oktober silam mengumumkan bahwa pihaknya telah memulai pengembangan sebuah jaringan terpadu untuk mendeteksi peluncuran rudal balistik. Jaringan ini akan menggantikan sitem peringatan dini yang dibuat pada zaman Uni Soviet. Pihak pertahanan Rusia juga akan mengembangkan satelit terbaru, stasiun pemantauan ruang angkasa, dan jaringan komputer mutakhir.

Sistem peringatan rudal dini ini dapat mendeteksi peluncuran dari manapun, demikian menurut Kolonel Viktor Tymoshenko, Kepala Staf Pusat Utama Peringatan Rudal, Angkatan Udara Rusia.

Sistem peringatan rudal Rusia disebut dalam mendeteksi setidaknya 12 target rudal dalam sekali waktu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here