Friday, May 27, 2022
HomeBlog MiliterHamina Class FAC Siluman Laut Serba Bisa Dari Finlandia

Hamina Class FAC Siluman Laut Serba Bisa Dari Finlandia

HobbyMiliter.com – Hamina Class FAC Siluman Laut Serba Bisa Dari Finlandia. Apa yang pertama kali anda pikirkan tentang Finlandia? Sistem pendidikan yang baik? Negara yang jauh dan bersih dari polusi? Atau malah anda memikirkan NOKIA? Hehe. Kali ini HobbyMiliter tidak akan membahas itu semua. Selain sistem pendidikan yang baik, kebersihan, serta nama besar NOKIA sebagai salah satu perusahaan alat komunikasi yang terkemuka didunia, masih ada beberapa hal yang menarik yang dapat kita bahas dari nama Finlandia. Salah satunya adalah kapal perangnya,ya, anda tidak salah baca, kali ini kami akan menyajikan sekelumit cerita tentang kapal perang berteknologi canggih yang ada dalam inventaris Angkatan Laut Finlandia. Dia adalah, Hamina Class Fast Attack Craft.

Sejarah Singkat Hamina Class FAC

Hamina class FAC dibangun dari proyek kapal cepat rudal kelas Rauma 2000. Penamaan Rauma 2000 diubah menjadi Hamina karena sejak diluncurkan nya kapal cepat kelas Helsinki, semua jajaran armada kapal cepat buatan Finlandia mendapat penamaan dari kota – kota yang ada di pesisir pantai Finlandia. Dipesan sejak bulan Desember tahun 1996, kapal cepat rudal kelas Hamina unit terakhir (unit ke 4) diserahkan kepada Angkatan Laut Finlandia pada tahun 2006.

BACA JUGA :  Kapal Induk Rusia Akan Ditempatkan Di Suriah
Hamina Class FAC Siluman Laut Serba Bisa Dari Finlandia
Hamina Class FAC Siluman Laut Serba Bisa Dari Finlandia. FNS Hamina Merupakan Kapal Pertama Dari 4 Kapal Cepat Kelas Hamina Yang Diproduksi.
Sumber : STX Europe

Hamina Class sejatinya merupakan perwujudan dari apa yang disebut oleh Angkatan Laut Finlandia sebagai Skuadron 2000 (dalam bahasa Finlandia : Laivue 2000). Awalnya, Hamina class direncanakan untuk dibuat hanya dua unit saja. Adapun dalam perkembangannya, komposisi Skuadron 2000 ini berubah mengikuti tuntutan perubahan strategis dalam jajaran Angkatan Laut Finlandia sehingga akhirnya Hamina class dibuat hingga mencapai empat unit. Awalnya, komposisi Skuadron 2000 terdiri dari kapal cepat rudal kelas Hamina dan Hovercraft Tempur kelas Tuuli, dengan komposisi awal dua unit kapal cepat rudal kelas Hamina dan empat unit hovercraft tempur kelas Tuuli. Namun rupanya pembangunan hovercraft tempur kelas Tuuli tidak dilanjutkan dan hanya sampai pada tahapan prototip saja. Akhirnya hanya empat unit kapal cepat rudal kelas Hamina lah yang dibangun dan hingga kini dioperasikan oleh Angkatan Laut Finlandia.

BACA JUGA :  PNS Badr, Kapal Korvet MILGEM Ketiga Milik Pakistan Diluncurkan

Desain Dan Spesifikasi Teknis Hamina Class FAC

Kapal cepat rudal kelas Hamina ini dirancang dengan menggunakan pendekatan teknologi canggih yang diharapkan dapat menghasilkan kapal perang kombatan permukaan yang memiliki bobot tonase yang rendah serta memiliki kemampuan bermanuver yang tinggi. Upaya Finlandia untuk melakukan riset dalam pembangunan kapal cepat rudal kelas Hamina dapat dikatakan berhasil. Hamina menjelma menjadi sebuah kapal cepat rudal yang benar – benar cepat, ringan, serta sangat tinggi kemampuan bermanuvernya –suatu kriteria wajib yang harus dipenuhi semua kapal cepat rudal.

BACA JUGA :  Kamerun dan Nigeria Bunuh 92 Anggota Teroris Boko Haram

Dibangun dengan menggunakan bahan logam aluminium pada bagian hull atau lambung kapal, serta bahan komposit serat karbon pada keseluruhan superstruktur kapal, membuat Hamina mampu untuk melaksanakan berbagai manuver – manuver ekstrim. Pengaruh dari bahan yang digunakan dalam pembuatan kapal kombatan ini ialah bobot yang menjadi sangat ringan untuk ukuran sebuah kapal cepat rudal. Dengan berat displacement 250 ton, Hamina class tergolong sangat ringan untuk sebuah kapal cepat rudal (perbandingan kasarnya, kapal cepat rudal kelas Sampari yang kini berdinas di TNI Angkatan Laut memiliki berat displacement 460 ton).

Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Latihan Anti Teror.

Foto Latihan Anti Teror

0
Pasukan anti teror melumpuhkan tersangka teroris dengan rompi bom yang berencana meledakkan sebuah bis DAMRI.

Recent Comments