F-4 Phantom II milik IRIAF
F-4 Phantom II milik IRIAF

HobbyMiliter.com – Reaktor Osirak adalah reaktor nuklir milik Iraq yang dibeli dari Perancis di era Saddam Hussein masih hidup dan sangat berkuasa. Ambisinya dengan reaktor ini adalah menghasilkan bahan baku untuk research tahap berikutnya: Senjata Nuklir.

Reaktor ini hancur oleh serangan Israel lewat OPERATION OPERA aka OPERATION BABYLON tanggal 17 Juni 1981, dimana menurut intelijen Israel, butuh waktu kurang dari 1 bulan untuk reaktor ini beroperasi penuh di tahap critical, setelah di bulan Juli 1980 iraq menerima 12,5Kg highly enriched uranium fuel dari perancis sebagai bahan bakar reaktor ini. Pengiriman ini adalah yang pertama dari 72Kg yang direncanakan.

BACA JUGA :  Modifikasi Heli Serang Bell AH-1J, Langkah Iran Merevitalisasi Kekuatan Militer

Namun tahukah anda bahwa sekitar setengah tahun sebelumnya, reaktor ini pernah diserang IRAN? Ya betul, IRAN yang itu, negara yang selama 1 dekade berperang dengan Irak.

Tanggal 30 September 1980, Iran melancarkan Operation Scorch Sword terhadap reaktor Osirak yang terletak 17 Km di tenggara Baghdad. Istilah kata, seperti ada musuh yang menyerang reaktor nuklir kita di Puspitek, Serpong. Begini ceritanya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here