Wednesday, June 19, 2024
HomeMiliterAlutsistaCARAT DIVEX-SALVEX-EODEX 2022, Story of A Journey (Part 2)

CARAT DIVEX-SALVEX-EODEX 2022, Story of A Journey (Part 2)

Hobbymiliter.com – CARAT DIVEX-SALVEX-EODEX 2022, Story of A Journey (Part 2). Setelah pada bagian sebelumnya penulis mengikuti rangkaian kegiatan Subject Matter Expert Exchange atau SMEE yang kisahnya ditulis disini, penulis kemudian turut berangkat menuju ke area latihan yakni pantai Pasir Putih Situbondo pada hari Sabtu, tanggal 10 Desember 2022. Nah seperti apa kelanjutan kisah penulis di etape kali ini? Mari kita simak bersama di artikel berikut ini.

Bertemu Kapal Selam KRI Alugoro 405

Beberapa saat menjelang konvoi kendaraan yang ditumpangi penulis dan rombongan dari US Navy dan TNI AL tiba di area hotel didekat pantai Pasir Putih Situbondo, salah seorang personel TNI AL yang berangkat bersama dengan penulis dalam bus yang ditumpangi oleh personel US Navy Divers berbicara dengan salah seorang anggota US Navy Divers sambil menunjuk kearah pantai, “That’s the Indonesian Submarine”. Karena terkejut dan sempat mengira bahwa penulis salah mendengar, penulis pun turut menoleh kearah pantai, pemandangan yang sangat jarang penulis dapati, kini terpampang di depan mata penulis. Tampak dikejauhan, sebuah kapal selam milik TNI Angkatan Laut tampak berlabuh di dekat pantai. Pandangan penulis sempat tertuju dan tidak berubah sesaat pada salah satu alutsista strategis milik TNI Angkatan Laut tersebut.

BACA JUGA :  PMC, Cara China Meningkatkan Pengaruhnya Di Afrika

Saat penulis akan turun dari bus barulah penulis mengetahui bahwa kapal selam tersebut adalah KRI Alugoro 405 yang kebetulan masih berada dilokasi latihan setelah menyelesaikan latihan Pencarian dan Penyelamatan Kapal Selam atau PPKS tahun 2022. Latihan tersebut dilaksanakan di lokasi yang sama dengan area latihan CARAT 2022 DIVEX-SALVEX-EODEX yakni di area pantai Pasir Putih Situbondo. Suatu pengalaman berharga bagi penulis saat dapat melihat salah satu kapal selam milik TNI Angkatan Laut sedang melaksanakan operasi latihan. Pengalaman ini merupakan kesempatan langka bagi penulis karena masyarakat sipil biasanya tidak dapat terlibat pada kegiatan operasi TNI, terlebih kegiatan operasional kapal selam yang merupakan salah satu alutsista strategis milik TNI Angkatan Laut.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Hadapi Ancaman NATO, Angkatan Bersenjata Rusia Terima Radar Swagerak Nebo-M.

Hadapi Ancaman NATO, Angkatan Bersenjata Rusia Terima Radar Swagerak Nebo-M

0
HobbyMiliter.com - Hadapi Ancaman NATO, Angkatan Bersenjata Rusia Terima Radar Swagerak Nebo-M. Angkatan Bersenjata Rusia mulai menerima unit radar surveillance multiband swagerak Nebo-M 55Zh6M....

Recent Comments