Wednesday, July 24, 2024
HomeAlutsistaKapal PerangSpecialised Marine Craft, Kapal Patroli Siluman Milik AL Singapura

Specialised Marine Craft, Kapal Patroli Siluman Milik AL Singapura

specialized2

Selain menerapkan teknologi stealth, ST Marine juga mendesain lambung kapal layaknya pesawat tempur dengan bentuk v-shape, material lambung SMC terbuat dari material komposit dan aluminium hullform yang bisa menyerap sinyal radar, atau menggunakan desain low radar cross section (RCS). Lambung kapal juga dibuat begitu rendah, tinggi kapal dari permukaan air hanya 2 meter, sedangkan draught (bagian kapal yang ada di bawah permukaan air) hanya setinggi 1,2 meter.

Untuk tenaga pendorongnya menggunakan dua jenis mesin, yaitu 2 x MTU 16V200 M94 Engines dan 2 x Hamilton HM651 Waterjets. Jika digabungkan dua sistem mesin ini mampu memberikan tenaga mencapai 5.000 Hp. Maka sudah pasti SMC mampu meluncur diatas 30 knots.

BACA JUGA :  Liaoning, Kapal Induk China Terbangkan Lebih Dari 100 Sorti Dalam Latihan 6 Hari

Akan tetapi kapal ini juga memiliki kelemahan, desain yang digunakan ST Marine ini dikatakan tidak mampu untuk diajak meluncur diatas 50 knots, bahkan desain yang terbilang datar kurang cocok untuk digunakan manuver berkelok-kelok. SMC juga disebut-sebut mampu beroperasi sejauh 463 km dengan kecepatan 20 knots.

specialized3

Bertugas sebagai kapal patroli, SMC juga menggunakan teknologi Long Range Acoustic Device yang digunakan untuk peringatan dini dari jarak ratusan meter. Selain itu, SMC juga dilengkapi berbagai sensor electro optical system, FLIR (Forward Looking Infrared), digital navigation system, dan satellite communication system.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

43-militan-kurdistan-turki-bertanggungjawab-atas-bom-ankara

Militan Kurdistan Turki Bertanggungjawab Atas Serangan Bom Di Ankara

0
Hobbymiliter.com - Sebuah kelompok militan yang bermarkas di Turki telah mengklaim bertanggung jawab atas pengeboman mobil yang terjadi di ibukota Ankara pada Rabu (17/2) silam....

Recent Comments