Tuesday, June 18, 2024
HomeAlutsistaKapal PerangRNS Varyag, Salah Satu Kapal Penjelajah Rudal Andalan Rusia

RNS Varyag, Salah Satu Kapal Penjelajah Rudal Andalan Rusia

RNS Varyag, Salah Satu Kapal Penjelajah Rudal Andalan Rusia – HobbyMiliter.com – Walaupun tak begitu menonjol dari segi naval air superiority, keberadaan armada Rusia di wilayah Pasifik masih perlu diperhitungkan. Kekuatan armada laut Rusia masih tak selengkap rivalnya, namun armada Rusia di wilayah Pasifik masih bisa memberikan efek gentar dengan sosok kapal penjelajah, yang memiliki kemampuan untuk menghancurkan kapal induk. Dan beberapa waktu lalu, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara (22 – 25 Mei 2017), muncul sesosok kapal penjelajah rudal (Guided Missile Cruiser) RNS Varyag (CGHM-011).

BACA JUGA :  Angkasa Yudha 2016 : Drone S70, Drone Target Latihan Sudah Disiapkan TNI AU

RNS1

Dalam rangka kunjungan persahabatan, awak RNS Varyag mengadakan open ship (25/5) untuk warga Jakarta sehingga diperbolehkan naik dan melihat dari dengan jelas bentuk kapal perang Rusia ini. Jika disbanding kapal-kapal Negara sahabat, RNS Varyag memiliki tampilan yang mengagumkan sebagai warship.

Terlihat kalau RNS Varyag dilengkapi dengan banyak persenjataan, mulai kelas ringan hingga kelas berat yang melindungi seluruh bagian kapal. Yang terlihat mencolok pastinya 16 tabung peluncur (8×2) rudal anti kapal P-500 Bazalt, atau oleh NATO dikenal dengan SS-N-12 Sandbox.

BACA JUGA :  Foto Foto Reruntuhan Kompleks Militer Rusia : Baterai Anti Kapal Selam Rusia

Jika dibandingka dengan kapal perang buatan NATO, maka P-500 Bazalt memang memiliki ukuran yang sangat besar. Bobotnya mencapai 4,8 ton dan panjangnya 11,7 meter, maka terbayang betapa besar ukuran tabung peluncurnya saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Turkish army tanks roll past a portrait of Mustafa Kemal Ataturk during a military parade in Ankara

Turki Bangun Pangkalan Militer Pertama Di Afrika

0
Hobbymiliter.com - Ankara baru saja memulai proyek untuk membangun pangkalan militer di Somalia untuk melatih pasukan dari berbagai negara Afrika untuk memerangi kelompok teroris al-Shabab,...

Recent Comments