Latvia Terima Radar Multiperan TPS77 MRR Dari AS
Latvia Terima Radar Multiperan TPS77 MRR Dari AS.Sumber : janes360

HobbyMiliter.com – Latvia Terima Radar Multiperan TPS77 MRR Dari AS. Latvia dikabarkan baru menerima sistem radar multiperan TPS77 MRR dari Amerika Serikat. Penerimaan sistem radar multiperan ini menyusul diselesaikannya rangkaian Site Acceptance Test atau disingkat SAT. Site Acceptance Test tersebut berhasil diselesaikan oleh unit pertama sistem radar multiperan tersebut di kota Ventspils. Ventspils adalah sebuah kota pelabuhan di wilayah Timur Laut Latvia, yang masuk dalam wilayah yang disebut Garis Pantai Balkan. Kabarnya unit sistem radar multiperan tersebut merupakan unit pertama dari tiga unit sistem radar multiperan TPS77 MRR yang dipesan dari Amerika Serikat.

Dalam pelaksanaan nya, proses Site Acceptance Test yang dijalani oleh kru pengawak sistem radar multiperan tersebut juga dibantu dan diawasi oleh unit tentara Amerika Serikat dari Resimen Aviasi ke-227 yang bertugas di wilayah negara – negara Balkan. Uji coba perlengkapan sistem radar tersebut sekaligus menandai ditempatkannya sistem radar multiperan TPS77 MRR di benua Eropa. Meskipun menuai hasil yang cukup memuaskan, nampaknya uji coba tersebut akan menjadi uji coba yang pertama dan terakhir. Hal ini dikarenakan adanya kemungkinan bahwa sistem radar kedua dan ketiga bagi Latvia itu akan langsung menjalani tahap ujicoba bersamaan dengan tahap operasional nya di wilayah negara tersebut.

Baca juga :   Tiongkok Tuduh Jepang Ikut Campur Dalam Sengketa Laut Cina Selatan
Latvia Terima Radar Multiperan TPS77 MRR Dari AS
  • Facebook
  • Google+
  • Twitter
  • Tumblr
  • Pinterest
Latvia Terima Radar Multiperan TPS77 MRR Dari AS. Data Sheet Radar TPS77 MRR.
Sumber : Lockheed Martin

Sayangnya, pihak Lockheed Martin tidak mau memberikan keterangan lebih lanjut terkait kapan unit sistem radar kedua dan ketiga tersebut akan dikirimkan dan mulai menjalani masa percobaan di Latvia. Satu – satunya informasi terkait unit radar kedua dan ketiga bagi Latvia tersebut hanyalah bahwa kedua unit sistem radar tersebut nantinya akan dikirimkan tepat waktu kepada pihak Latvia. Unit sistem radar ini merupakan unit sistem radar yang dipesan oleh Latvia kepada Amerika Serikat pada bulan Oktober tahun 2015 silam. Meskipun dipesan dari Amerika Serikat, dalam proses pembuatannya serta proses pengirimannya pihak Lockheed Martin selaku produsen sistem radar ini juga melibatkan unsur industri lokal yang ada di Latvia. Merujuk pada datasheet dari TPS77 MRR yang dikeluarkan oleh pihak Lockheed Martin, kemampuan operasional dari radar ini sangat baik terutama untuk profil misi pemantauan jarak jauh atau Long Range Surveillance Mission dimana ia dapat melakukan deteksi target hingga sejauh 463 kilometer dan dapat menyapukan antenna radar nya hingga 360 derajat.

Baca juga :   AS Setujui Penjualan Jet F/A-18E/F Untuk Kuwait
ARTIKEL MENARIK LAINNYA UNTUK ANDA